Tanya Jurusan: Teknik Informatika

Narasumber:

Hatta Bagus Himawan, Innovation Management, TU Eindhoven

daryanto

Daryanto, Broadband Telecommunication Technologies, TU Eindhoven

sukma

Achmadnoer Sukma Wicaksana, Data Science & Technology, TU Delft

Moderator : Yudi Prasetyo

Notulen     : Putri Dinny Decca P.S

Bagaimana jurusan S2 yang diambil dan sistem perkuliahannya?

Sukma: Jurusan Computer Science di TU Delft terbagi jadi 2, Software Technology track dan Data Science & Technology Track. Perbedaan keduanyaada pada mata kuliah wajib yang harus diambil. Sisanya siswa bisa menentukan kuliah pilihan mereka masing-masing. Perkuliahan di TU Delft dibagi jadi 4quarter per tahun, selama 2 tahun dan terdiri dari total 120ects. Biasanya 1 kuliah terdiri dari 5ects atau 6ects, dan mungkin terbagi jadi satu atau 2 quarter.Untuk Computer Science, siswa harus memilih 5 dari 9 mata kuliah wajib,dansisanya mata kuliah pilihan. 45 ECTS dialokasikan untuk thesis dan tidak diwajibkan untuk internship. Student juga diwajibkan mengambil kuliah LiteratureSurvey (10 ECTS) atau Seminar (6ECTS).

Anto: halo,,saya sekarang ambil jurusan broadband telecommunication te-chnologies di TU eindhoven. di TUe itu special master track tapi kalo secara organisasi di bawah departement electrical engineering. programnya selama 2 tahun sama ama sukma 120 ects. 51 ects buat course, 69 ects internship sama thesis. internshipnya wajib dua kali (9+14). thesisnya 46 ects. kuliahnya rata2 3 ects taun lalu. tapi kurikulum baru kayanya 5 ects. Intinya sebenernya lebihdeket ke telekomunikasih di bawah teknik elektro sih dibandingkan dengan keteknik informatika.

 

Bisa dijelasin ga kak bedanya antara software tech, data science, dan broadband telco dari segi materi belajarnya?

Sukma: hmm basically perbedaan antara software technology sama data science&technology di TU Delft sih lebih kekuliah wajibnya. jadi ada 9 mata kuliah wajib untuk ST (software technology)dan ada 9 mata kuliah wajib untukDST (data science & technology). Dan masing-masing berbeda. Sisanya siswaboleh milih kuliah sesuka hatinya. misal siswa suka tentang financial boleh ambil kuliah financial manajemen

 

Jadi ST lebih ke software development dan Data Science lebih ke datawarehouse and Data Analytic ya kak?

Anto: Kalo broadband telco (disingkat aja ya).. lumayan beda jauh sama sukma. kalo saya turunannya elektro banget. jadi lebih ke telekomunikasinya. mostly diajarin wireless telecommunication atau fixed telecommunication. lebih ke layer physical sih kebanyakan. dan kayaknya memang paling jauh dari grup teknik informatika. maaf2 saja ya..

Sukma: yosh

Anto: Kalau di tue sendiri, mungkin yang lebih deket ke informatika ada jurusan data science atau computer science kali yaa. nah kalo mau nanya tentang itu, resource saya limited. mohon dimaklumi. tapi akan saya coba jawab,ehehe. TUe (TU eindhoven).

 

Bisa disimpulkan kalau lebih suka datawarehouse and analytic bisa ambil jurusan kaya Sukma. Kalau lebih suka ke software dev bisa ambil jurusan Software technology?

Dan yang lebih suka mengenai networking in technical bisa ambil jurusan kaya Anto, broadband telco.

 

Pertanyaan selanjutnya buat Anto dan Sukma mata kuliah apa sih yang paling diminati di jurusan itu?

Sukma: Kuliah yang menarik kemarin saya mengambil topik tentang High Performance Data Networking dengan project mendesign SDN (Software Defined Networking) robustness. Ada juga kuliah Pattern Recognitionyang mempelajari classifier untuk data analytics, kemarin projectnya klasifikasi handwritten digit seperti case kalau kita. Tulis digit pake tangan, nanti systemnya bisa tau apakah itu angka 1 2 3 atau 9 misalnya. Mostly kuliah disini menarik untukdipelajari, tapi ga menarik untuk dijadiin nilai hahaha.

Anto: background saya dulu kebanyakan wireless telco, ada lumayan banyak kuliah yang lebih dalam di wireless telco. nah kemudian, saya dikenalkan banyak fixed line communication basisnya optical telco. kuliah yangmenarik terkait itu, saya dulu sempet kuliah seminar in optical communication. semacamdikenalkan dengan teknologi2 optic dan lebih ke praktikalnya, yang mana saatitu diarahkan ke data center. saya baru tau kalau sepowerful itu optical communication di datacenter, dan betapa kondisi broadband telco dibatasi di teknologi optik ini. Kalau boleh menambahkan lagi, ada juga kuliah teknologi entrepreneurship. secara teknis, dikenalkan di permukaan aja. tapi semacam menarik aja betapa entrepreneurship berbasis teknologi menarik buat ditelaah misalnya google, facebook, atau startup kecil2 pun dibahas. kemudian di belanda sendiri,stimulus buat hal ini kuat banget. ekosistemnya mendukung gitulah.

 

Untuk kak Hatta bisa share kah kak kuliahnya itu gimana?

Kak Hatta: Baik saya dulu programmer, skrng pindah haluan ke innovation management TU eindhoven. Kenapa? Pengalaman saya, di Indonesia membuatproduct misalnya start up adalah hal yg tidak sulit… Resource ada, market ada(jumlah pnduduk indo) mslhnya adalah utk dapat hidup lama menjadi PR besar kita… Karena itulah saya mngmbil jurusan ini dan murtad dari programmer.

 

Lanjut ke BEASISWA. Bisa dikasih tau kak beasiswa di Belanda apa saja yg bisa di apply mahasiswa Indonesia?

Sukma: Kalau saya sekarang alhamdulillah pake beasiswa LPDP. cumansebelum LPDP kemarin sempat keterima beasiswa Kominfo juga cuman saya dengan beberapa pertimbangan memilih LPDP. dua duanya bisa digunakan untuk melanjutkan ke TU Delft. salah satu opsi lainnya beasiswa StuNed, ada beberapa temen disini yang dari beasiswa stuned juga. oia bener ada beasiswa dari kampus TU Delft sendiri. Cuman kayaknya spotnya dikit deh dan saingannya sama orang2 di seluruh dunia. biasanya yang lazim: LPDP, StuNed, Kominfo, Beasiswa TU Delft.

Anto: soal beasiswa sepertinya udah makin banyak ya sekarang yg bahas.saya paling menulis ulang aja ya.  yg di tue lazimnya: lpdp, nuffic neso, ALSP, eit ict, SELECT. dua terakhir semacam erasmus gitu. Kalau beasiswa secara umum, untuk kampus lain di belanda, ada lagi sepertinya, misalnya kominfokata Sukma, atau tiap2 kampus juga punya skema beasiswa tersendiri khsus untuk kampusnya. kalau di eindhoven ya ALSP itu. kalau tidak salah delft punjuga ada beasiswa dari kampusnya, ya kan suk? dan kampus2 lainnya mungkin.Coba dicek aja ke web masing2 kampus. Ralat nuffic neso tadi maksudnya stuned seperti yang dibilang Sukma.

 

Anto dengan beasiswa jugakah?

Anto: oh iya, saya dapet beasiswa lpdp juga.

 

Ingin masuk S2 kampus Belanda apa aja sih kak yang disyaratkan? Proses daftar nya bagaimana?

Anto: wah ini relatif banget, rajin2 aja cek website masing2 kampus

Sukma: saya kasih linknya dulu ya http://www.tudelft.nl/en/study/studying-at-the-tu-delft/admission-and-application/msc-with-international-degree/admission-requirements/

Sukma: bisa dibaca sembari diskusi haha

Anto: kalau tue ini ya: https://www.tue.nl/en/education/studying-at-tue/admission-and-enrollment/graduate-programs/how-does-the-tue-application-process-work

Sukma: beda2 banget sih tiap jurusan dan kampus. Tapi mostly : motivation letter (1000-1500 kata), recommendation letter, CV, IELTS/TOEFL, ijazah, passport, sama admission fee. Kalau TU Delft admission fee dibalikin kalau jadi berangkat

Anto: di tu eindhoven sama sih sama tu delft, tapi ada sistem onlinenya juga. tapi musti ngirim hardcopy juga. waktu saya ga ada admission fee. tapi sekarang ada. dengan sistem yang sama kayak yang sukma bilang

Sukma: oia bener nambahin kata yang anto bilang. di TU Delft ga usah ngirim hardcopy, cukup softcopy semua dokumennya. jadi ga usah keluar biaya kirim paket ke belanda lagi

Anto: kalo admission sih intinya baca dengan seksama aja yang ada di web. udah cukup clear kok. tapi kalo ada pertanyaan jangan segen2 kontak international office. mereka akan membantu dengan baik. menurut pengalaman saya.

 

Dalam tahap pendaftaran adakah sesi wawancara dengan pihak admission  kak?

Anto: kalau saya sih tidak

Sukma: engga sih kalau saya. eh iya sorry tadi bukan admission fee tapi application fee (100eur). takut salah nangkep.

 

Proses admission brp lama ya kak?

Sukma: rata2 4-8 minggu

Anto: kalo ga salah maksimal 8 minggu. tolong dikroscek lagi ya. kayaknya disebutkan di web. kalau saya ya lebih cepet. rata2 temen2 juga gitu sih.

 

Oiya untuk kuliah full english kah kak?

Anto: yap full english

Sukma: iya full english. tapi kmrn saya sempet kuliah ber4. saya dan 3 orang belanda. dosennya ngomong bahasa belanda mulu haha. tapi bisa diprotes kok

 

Berarti perlu belajar bahasa belanda ya ka?

Sukma: ga perlu sih buat kuliah. orang belanda jago ngmg bahasa inggris semua kok

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: