Tanya Jurusan: Economy

endah

Narasumber: Endah Silvianingrum, Master of Accounting Auditing and Control Erasmus University, Rotterdam

Tulisan ini adalah notulensi dari diskusi Tanya Jurusan via Whatsapp yang diselenggarakan oleh PPI Belanda bekerja sama dengan Sahabat Beasiswa pada 21 Februari 2016.

 

Moderator: Bagaimana sih sistem perkuliahannya disana?

Endah: Saya kasih gambaran umum dulu ya. Untuk jurusannya, ada 3 spesialisasi di jurusan ini: Accounting & Auditing, Accounting & Control, dan Accounting & Finance. Secara umum, spesialisasi jurusan yang saya ambil ini mencakup keseluruhan dari 2 spesialisasi lainnya.

Total credit yang akan diambil yaitu sebanyak 60 selama setahun. Topik perkuliahannya meliputi Advanced IFRS, Accounting Research, Etika Bisnis, Financial Statement Analysis, dan juga mata kuliah yang berkaitan dengan Corporate Governance.

Sistem perkuliahannya course-based, artinya kita diwajibkan untuk mengikuti kegiatan perkuliahan dan ujian. Tidak ada internship, tapi kita bisa mengikuti internship hanya saja internshipnya tidak menambah jumlah kredit perkuliahan yang kita ambil. Thesis diperlukan sebagai syarat kelulusan di sini. Kira-kira gambaran sistem perkuliahannya begitu.

Mau kasih tambahan juga, berbeda dgn sistem perkuliahan di Indonesia yang menggunakan sistem per semester, di belanda menggunakan sistem blok, dimana per blok durasinya sekitar 1,5 bulan periode perkuliahan.

 

Moderator: Mata kuliah apa saja yang menarik?

Endah: Saya pribadi menganggap mata kuliah yang sulit untuk diukur dengan angka adalah mata kuliah yang menarik. Misalnya, Seminar Management Control dan Seminar Corporate Governance. Di mata kuliah tersebut kita diminta untuk menelaah dan mempelajari bagaimana perbedaan kepentingan dan informasi antara pemilik perusahaan dan pelaksana di perusahaan dijembatani oleh sistem kontrol yang baik di perusahaan. Menarik karena kita mengkaji dari hasil riset nyata yang telah dllakukan oleh para akademisi, jadi kita bisa melihat tidak hanya dari sisi teori tapi juga praktik di dunia nyata dan menarik juga karena sistem perkuliahannya dengan cara diskusi, jadi kita belajar mengungkapkan pendapat dan belajar dikritisi juga.

 

Moderator: Apa program studi S1 Mbak Endah? Apakah relevan dengan jurusan S2 yang sekarang Mbak Endah ambil ? Program studi apa saja yang relevan untuk studi S2nya mbak Endah?

Endah: Saya mengambil program studi Manajemen dengan kekhususan Manajemen Keuangan di fakultas ekonomi sewaktu S1. Program studi ini relevan dengan jurusan S2 yang saya ambil, karena memang setiap jurusan S2 di sini membutuhkan background jurusan dan mata kuliah tertentu yang kita ambil sewaktu S1. Misalnya untuk program studi saya, saya perlu sudah pernah mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan Accounting, Finance, dan Financial Information System, yang dibuktikan dengan transkrip nilai sewaktu S1.

 

Moderator: Bagaimana cara mendaftar ke program studi Mbak Endah sekarang? Apa saja requirementsnya?

Endah: Saat akan mendaftar, pastikan teman-teman sudah memiliki ijazah kelulusan, transkrip nilai, nilai IELTS/TOEFL yang cukup, paspor dan CV. Pastikan juga syarat background jurusan S1 nya sesuai dengan yg disyaratkan. Minimal IELTS yang diperlukan adalah 6.5 dan nilai TOEFL 232. Biaya pendaftaran sebesar 100 euro, dibayar dengan menggunakan kartu kredit.

Usahakan jangan terlalu mepet waktu pendaftarannya, karena kita perlu mengirimkan berkas pendaftaran kita ke Belanda. Pertimbangkan jangka waktu pengiriman berkas.

Teman-teman bisa lihat detail informasi di link http://www.eur.nl/ese/master/requirements/students_with_an_international_diploma/. Deadline pendaftaran biasanya 1 Mei.

 

Moderator: Pilihan beasiswa apa saja sih yang ditawarkan Mbak? Apakah Mbak Endah menggunakan beasiswa? Jika ya, beasiswa apa yang Mbak ambil dan bagaimana cara apply-nya?

Endah: Dari pemerintah Belanda ada beberapa beasiswa yang bisa kita ambil, seperti StuNed, Netherlands Fellowship Programme (NFP), Orang Tulip Scholarship (OTS). Sedangkan beasiswa dari pemerintah Indonesia seperti LPDP, Dikti.

Saya mendapatkan beasiswa dari StuNed, yang biasanya dibuka sekitar akhir Januari dan penerimaannya ditutup 1 April setiap tahunnya. Secara umum, syarat terpenting untuk bisa apply StuNed adalah sudah diterima di universitas yang dikehendaki dan mempunya nilai IELTS yang cukup. Kita juga perlu meyakinkan bahwa ilmu yang akan kita dapatkan saat S2 nantinya bisa memberikan kontribusi untuk Indonesia.

Untuk informasi beasiswa dari pemerintah Belanda, teman2 bisa kunjungi link http://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa
berbeda dengan StuNed dan NFP, bentuk beasiswa dari OTS hanya berupa pengurangan tuition fee saja.

 

Moderator: Apakah ada jurusan yang sama dengan jurusan Mbak Endah di universitas lain di Belanda? Bagaimana komparasinya?

Endah: Teman2 bisa mengcompare lebih lanjut di link http://www.topuniversities.com/university-rankings/university-subject-rankings/2015/accounting-finance#sorting=rank+region=140+country=187+faculty=+stars=false+search.

Jurusan yang persis sama Accounting and Finance setahu saya tidak ada, biasanya Accounting dan Finance-nya terpisah. Misalkan di Tilburg University, terdapat jurusan MSc Accountancy dan MSc Finance. Jurusan accounting-nya paling mendekati kesamaan dengan EUR dari sisi konten perkuliahan secara umum, walaupun di Tilburg tidak ada mata kuliah terkait IFRS seperti di EUR, tapi program perkuliahannya relate dengan CFA. Untuk jurusan financenya sendiri lebih ke arah investasi.

Informasi lebih lanjut mengenai Tilburg University: https://www.tilburguniversity.edu/education/masters-programmes/accountancy/

 

Moderator: Apa saja prospek kerja yang relevan dengan program studi yg Mbak Endah ambil? Apa rencana Mbak setelah lulus?

Endah: Rencananya setelah lulus saya akan kembali ke Indonesia, kembali bekerja di perusahaan sebelum saya studi di sini. Lulusan ekonomi dari program studi ini bisa bekerja di sektor perbankan, akuntansi dan perpajakan, perusahaan audit sampai ke sektor pendidikan. Jadi bisa dikatakan prospek kerjanya mencakup di berbagai bidang.

 

Moderator: Menurut Mbak Endah, Bagaimana ilmu yg Mbak Endah pelajari sekarang bisa bermanfaat di Indonesia?

Endah: To be honest, memang tidak semua wawasan yang kita dapatkan di sini setara dengan berbagai macam kondisi di Indonesia. Buat saya pribadi, melakukan penelitian mengenai Indonesia tentu sudah bisa memberikan kontribusi bagi Indonesia. Secara spesifik, mata kuliah yang saya ambil di sini juga berkaitan dengan kebutuhan perusahaan tempat saya bekerja di Indonesia.

One comment

  1. Mit freundlichen Grüßen

    Ali Nasrun (Chairman)
    Indonesian Forum Berlin
    http://untukuindonesiaku.blogspot.com/
    Ich bin in Deutschland Berlin West seit 1972 und Deutscher Staatsbürger

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: