Tanya Jurusan: Development Studies (2)

Narasumber: Imelda, International Development Studies, Wageningen University

Tulisan ini adalah notulensi dari diskusi Tanya Jurusan via Whatsapp yang diselenggarakan oleh PPI Belanda bekerja sama dengan Sahabat Beasiswa pada 21 Februari 2016.

 

Moderator: Apa program studi S1 Imelda? Apakah relevan dengan jurusan S2 yang di ambil? Program studi apa saja yang relevan untuk studi S2?

Imelda: S1 saya kebetulan jurusan Akuntansi. Banyak yang bilang kalau jurusan ini kurang relevan dengan Master International Development Studies (MID). Tapi karena saya punya pengalaman pekerjaan selama 5 tahun di NGO di bidang penahanan/hukum, hal itu saya jadikan justifikasi saya pada saat ambil S2, dan alasan tersebut diterima oleh pihak universitas.

Untuk Master International Development Studies di Wageningen, S1 yang relevant dapat dilihat disini list nya ya:

http://www.wageningenur.nl/en/Education-Programmes/prospective-master-students/MSc-programmes/MSc-International-Development-Studies/Application-and-admission.htm

Tapi biasanya yang relevan adalah yang berkaitan dengan: Antorpology, Sociology, Economy, Psychology, Ilmu Pembangunan, Business, dll

 

Moderator: Boleh jelaskan kalau begitu yang master sekarang, jurusannya seperti apa, belajar apa, dan sistem perkuliahannya bagaimana?

Imelda: Di program MID Wageningen University, kuliahnya ditempuh selama 2 tahun (120 ECTS), course-based dengan internship dan thesis di tahun kedua.

Program ini memiliki 3 spesialisasi: sociology, economy, dan innovation, communication & technology (KTI). Pada awal perkuliahan kita harus sudah memutuskan akan fokus ke 1 track, dan saya sendiri mengambil sociology track.

Sejauh ini saya banyak ambil course tentang sociology dan development. Course yang paling menarik so far adalah Critical Perspective towards Development (dimana dalam 1 periode kami membahas 1 buku tentang pandangan/ kritik terhadap masyarakat modern dan pembentukan kaum marginal).

Course menarik lainnya adalah Project, Policy, and Development (membahas serta mengkritisi berbagai bentuk project/ policy yang banyak digunakan dalam development aid program. Program Development Studies di Wageningen sendiri sangat leftist dan cenderung anticapitalist.

In my honest opinion, program MID ini lebih cocok bagi kalian yang ingin punya karir di bidang penelitian/ akademisi karena di program ini kita di bentuk untuk  dapat berpikir secara kritis (and less on practical side). Jadi lebih banya diajarkan tentang theory dan konsep.

Selain itu, sepengetahuan saya, Program MID di Wageningen juga fokus terhadap enviromental policy, jadi tidak hanya tentang pembangunan secara struktur sosial/ ekonomi dan AID program, namun juga concern terhadap pembangunan lingkungan, namun tetap semuanya dipandang dari perspective sosial/ culture.

 

Moderator: Kalau rencana penelitian apakah sudah ada? Dan biasanya bidang thesisnya akan seperti apa?

Imelda: Untuk research thesis, rencananya saya akan kembali ke Indonesia dan melakukan research tentang Culture Identity sebagai sarana pembangunan masyarakat di Kampung Adat Cireundeu (kampung halaman saya). Thesis nya sendiri biasanya dilakukan selama 5 bulan (3 bulan fieldwork, 2 bulan writing report). Thesis biasanya dilakukan diluar Belanda, dan banyak dilakukan di negara-negara berkembang seperti Afrika, Asia, dan Amerika Latin/

Bidang thesis nya biasanya seputar:

  1. Environment policy
  2. Development of indigenous people
  3. Culutre Identity
  4. Development based on place-based approach
  5. Citizenship
  6. Conflict and Disaster, dll.

 

Moderator: Apakah,ada di universitas belanda yang jurusan nya sama dan komparasinya seperti apa?

Imelda: Setahu saya ada 3 universitas lain yang punya program MID:

  1. Utrecht University (1 tahun)

http://www.uu.nl/masters/en/international-development-studies

  1. University of Amsterdam (2 tahun)

http://gsss.uva.nl/programmes/english-masters/content5/international-development-studies.html

  1. Radboud University (1 tahun)  http://www.ru.nl/english/education/masters/anthropology/

Detailnya bisa dilihat di link masing-masing ya

 

Moderator: Kenapa Anda memilih Wageningen University?

Imelda: Saya pilih Wageningen karena memiliki fokus di sociology. Selain itu, Wageningen juga memberikan kesempatan Internship dan karena Wageningen merupakan universitas yang research-based jadi cocok bagi saya yang ingin mengembangkan diri kedepannya di bidang penelitian/ akademisi.

 

Moderator: Prospek kerjanya seperti apa dan plan kedepan nya Anda akan bergelut di karir yang seperti apa?

Imelda: Ada banyak prospeknya: development practitioners, researchers, teachers, advisors and policy makers in internationally oriented organisations.

Saya sendiri rencana nya ingin bekerja di bidang penelitian dan lanjut S3.

 

Moderator: Kita masuk ke cara apply dan beasiswa ya. Anda bisa jelaskan proses apply seperti apa dan beasiswa yang memungkinkan apa saja?

Imelda: Setahu saya, untuk kuliah di belanda beasiswa yang ditawarkan adalah: StuNed, LPDP, NFP, Holland Scholarship. Untuk apply ke Wageningen sendiri cukup mudah dan tidak dipungut biaya. Dokumen yang diperlukan hampir sama seperti kebanyakn universitas yang lain:

  1. Ijazah S1 dan Transkript nilai
  2. IELTS min 6,5/ Toefl ibt min 92
  3. Motivation Letter
  4. CV

Untuk lengkapnya bisa dilihat disini:

http://www.wageningenur.nl/en/Education-Programmes/prospective-master-students/MSc-programmes/MSc-International-Development-Studies/Application-and-admission.htm

Atau bisa juga untuk mencari jurusan buka link

https://www.studyfinder.nl/

Moderator: Manfaat ilmu Anda bagi indonesia apa sih?

Imelda: Jawabannya agak idealis ya. Indonesia sendiri sebenarnya negara yang sangat kaya akan natural/ human resources, tapi sayang nya belum di berdayakan secara maksimal, terutama untuk remote area di bagian Timur. Dengan belajar International Development Studies, kita diajarkan untuk membentuk sebuah development aid program yang lebih mandiri, bottom up approach, tidak bergantung terhadap international aid dan tidak melepaskan nilai-nilai budaya bangsa

 

Moderator: Ada pesan-pesan khusus buat adik-adik kita di Indonesia?

Imelda: Jangan lelah dalam mengejejar cita-cita, apalagi jika cita-cita tersebut adalah untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan lebih tinggi. Saya sendiri memerlukan waktu  5 tahun untuk sampai akhirnya dapat beasiswa ke belanda dan melanjutkan studi disini. Mendapat kesempatan untuk study di Belanda merupakan sebuah hal yang tidak ternilai. Namun itu merupakan awal dari sebuah perjalanan panjang yang tidak mudah. Ketika kita memutuskan untuk study di Belanda berarti kita harus siap melepas zona nyaman dimana diperlukan usaha ekstra secara akademis dan mental untuk bisa dapat beradaptasi dan survive.

Saat kita akhirnya sampai di Belanda, coba serap sebanyak mungkin ilmu dan hal positif yang bisa kita terapkan di Indonesia, karena pada akhirnya study kita akan sia-sia jika tidak bisa kita kontribusikan lagi terhadap tanah air. Salam.

 

One comment

  1. Angga Pratama Putra

    saya sedang menyusun rencana untuk melanjutkan s2 jurusan international development, jika berkenan saya boleh minta email kak imelda? untuk info lebih tentang jurusan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: