Tanya Jurusan: Bachelor’s Degree Programs (Social Sciences)

Narasumber:

Priska Junita

Priska Junita, Bachelor of International and European Law in The Hague University of Applied Sciences

Keziha Yemeima

Keziha Yemeima, Bachelor of International and European Law in The Hague University of Applied Sciences

Angel Tania

Angel Tania, Bachelor of International Finance and Control in HAN University of Applied Sciences

Nadia Karina

Nadia Karina, Bachelor of International Business Administration in Erasmus University Rotterdam

Dimas Prasasto

Dimas Prasasto, Bachelor of Psychology in University of Groningen

Nadya Naulita, Bachelor of Psychology in University of Groningen

Tulisan ini adalah notulensi dari diskusi Tanya Jurusan via Whatsapp yang diselenggarakan oleh PPI Belanda bekerja sama dengan Sahabat Beasiswa pada tanggal 21 Februari 2016.

 

Moderator: Apa jurusan bachelor yang Anda ambil? Bagaimana sistem perkuliahannya?

  • HUKUM

Keziha: International European Law. Total= 240 ECTS, 60 per tahun.

Program berlangsung selama 4 tahun (Bisa diselesaikan dlm waktu 3 tahun jika berminat, dengan cara menggabungkan modul tahun ke 3 & tahun ke 4 di tahun yg sama & mengambil internship 100 hari di tahun ke 2)

Jumlah ECTS (European Credit System); berlaku diseluruh negara-negara benua eropa yg mengindikasikan durasi kuliah + berapa modul yg sudah diambil; menyamaratakan program kuliah apabila exchange dengan universitas lain di negara-negara eropa.

Priska: International and European Law itu belajar hukum internasional (seperti regulasi di PBB),membandingkan hukum-hukum dari banyak negara, dan belajar tentang tata hukum negara-negara eropa secara lebih spesifik. Akan ada Internship di tahun ke 4. Jadi satu tahun itu dibagi 4 quarter dan setiap quarter ada project. E.g. Quarter 1: Model United Nations, Quarter 2: due dilligence, etc.

  • EKONOMI

Nadya K.: Saya ambil International Business Administration di RSM, Erasmus Universiteit Rotterdam. total credits nya 180 credits = 60 credits per tahun.

Untuk Erasmus Universiteit, durasi kuliahnya 3 tahun in general krn kita research university. Untuk di Erasmus sendiri sistem perkuliahan nya gak semuanya sama, ada yg pake sistem block ada yg pake sistem trimester 🙂

Soal internship, nanti di tahun ketiga (final year) di trimester/block awal kita bisa memilih internship atau exchange program ke negara lain selama 1 semester (biasanya dari September – Desember/ January awal)

  • PSIKOLOGI

Dimas: Psychology (BSc.) 3 tahun (6 semester) total 180 ECTS (60 ECTS per tahun). Research based. Ada pilihan internship di tahun ketiga sebagai mata kuliah (tidak wajib). Ada thesis di tahun ketiga (bisa pilih mau thesis di semester 5 atau 6).

 

Moderator: Mata kuliah apa yang menarik untuk anda?

  • EKONOMI

Angel: Karena saya ambil finance jadi yg menarik itu pelajran dimana kita main simulasi saham. Jadi stock trading in real-time market begitu

  • HUKUM

Keziha: Public International Law: Belajar tentang peraturan & politik dalam dunia internasional.

Criminal Law: Menganalisa kasus kriminal seperti pembunuhan (seperti di tayangan Detektif Conan/ Sherlock Holmes). Namun fokusnya adalah menganalisa siapa saja yang bersalah secara hukum & mengapa dia bersalah secara hukum.

  • PSIKOLOGI

Dimas: Social Psychology & Clinical Psychology paling menarik. Menurut saya social psych itu akarnya psikologi, belajar tentang personality, komunikasi & interaksi, tingkah laku manusia, sebab dan akibat dari tingkah laku tersebut. Kalo clinical psych menarik krn belajar tentang psychological disorders, sebab akibat, dan treatment nya.

Nadya N.: Saya suka course Clinical Psychology, karena buat saya menarik sekali belajar tentang mental disorder dan juga alternatif treatment atau intervention yang memungkinkan, juga criticism buat teori-teori yg terkait. Selain itu, saya juga course bernama Communication and Diagnostics, dalam course itu kita diajarkan untuk menjadi therapist/psikolog dalam fase-fase awal terapi melalui roleplay dengan diajarkan skill-skill yang diperlukan oleh seorang psikolog seperti non-judgmental listening, reflection of content, dll.

 

Moderator: Apa saja pilihan topik penelitian/proyek di program studi tersebut? Apa kira-kira rencana penelitian/proyek anda (jika sudah ada)?

  • PSIKOLOGI

Dimas: Pilihan topik penelitian banyak, sesuai bidang psikologi yg diminati (clinical, neuropsychology, industrial & organizational, social, experimental, developmental). Kalo saya sendiri masih bingung mau pilih topik yg mana untuk thesis di tahun ketiga, tapi untuk mata kuliah Research Methods di tahun kedua ini (mata kuliah tentang how to do research & pengenalan thesis) pilih Clinical Psychology.

  • EKONOMI

Angel: Kalo saya karena dari Hogeschool (University of Applied Sciences) jadi lebih banyak practical projects. Salah satunya kemarin ketika internship, saya ngerjain project tentang government’s subsidy, tax, dan business process management. Kalau untuk thesis bisa tentang banyak hal kalau finance. Namun balik lagi, karena ini Hogeschool, jadi sistem pelaksanaannya itu di company lalu research dan ngerjain project sesuai perusahaan dan department nya.

Nadya K.: Kalo dari Erasmus yang research based mungkin tidak beda dari Hogeschool, cuma mungkin bedanya kita tidak pake ke company gitu, lebih ke analisis literature review aja. Di jurusan saya (bisnis) bisa milih topiknya, bisa Human Resource, Finance, Supply Chain, atau Organizational Behavior. Kebetulan saya juga lagi nyusun thesis akhir saya, dan topik yang saya ambil the effect of power on individuals. Lebih ke HRM sama organizational behavior.

  • HUKUM

Priska: Pilihan topik penelitian banyak banget kayak misal international law, commercial law, european law, dll. Kalo saya sendiri pilih topik international child abduction untuk paper saya.

 

Moderator: Bagaimana cara mendaftar ke program studi Anda? Apa saja requirements nya?

  • EKONOMI

Angel: Tentunya English proficiency saya rasa basic ya, buat smuanya kalau mau daftar. Bisa IELTS atau TOEFL. Untuk selebihnya biasanya tergantung sekolahnya. Kalau saya karena waktu apply menggunakan agen jadi tidak susah. Cuman submit nilai-nilai, lalu ikut interview dan sisanya diurusin agen. Masalah requirement biasanya bisa di cek di website sekolah yg dituju.

Nadya K.: Kalo di Erasmus kemarin saya apply sendiri sih, untuk English requirement nya bisa pakai TOEFL/IELTS. kemarin saya pake IELTS, minimum overall score nya 6.5, terus per kategori tidak boleh ada yang dibawah 6. Ada math test lagi nanti, math test nya materi nya kaya math sma kelas 3 gitu.

  • PSIKOLOGI

Dimas: Ini link mengenai admission requirements untuk Psychology (BSc.): http://www.rug.nl/bachelors/psychology-en/admission-and-application?lang=en

Dulu zaman saya ada test wajib yang menentukan saya diterima atau tidak. Saya lihat tahun ini tetap ada test, tp bukan jd penentu diterima atau tidak, melainkan untuk study advice aja berdasarkan hasil test nya. Hal lain yang harus disiapkan itu rapot SMA, ijazah SMA, dan hasil IELTS/TOEFL, motivation letter. Untuk info yang lebih akurat & detail bisa cek di link di atas. Ada representative office-nya University of Groningen di jakarta untuk bantu daftar dan kasih informasi lebih lanjut.

  • HUKUM

Priska: Buat De Haagse Hogeschool ada agency nya di Indonesia: Dua Bangsa Educational Services. Kantornya di Epiwalk Kuningan Requirements nya IELTS 6.0 tapi biasanya beda-beda tergantung jurusan.

 

Moderator: Pilihan beasiswa apa saja yang ditawarkan? Apakah Anda menggunakan beasiswa? Jika ya, beasiswa apa yang Anda ambil dan bagaimana cara apply-nya?

  • PSIKOLOGI

Nadya N.: Setahu saya untuk Bachelor hampir tidak ada beasiswa (at least saya dulu ga nemu) jadi saya tidak pakai beasiswa.

  • EKONOMI

Angel: Sebenarnya dari pihak skolah sih bilangnya mostly yg daftar itu eligible buat beasiswa. Tuition fee nya dipotong dari 7000 euro per tahun jadi 4500 euro. Tapi kalau studinya melebihi waktu yg uda ditargetkan (4 tahun), beasiswa nya dicabut. Begitu sih kalo sistem di sekolah saya.

  • HUKUM

Priska: Ada, World Talent Scholarship untuk tahun pertama aja, dipotong 5000 euro dari uang kuliah 7900 euro dan diminta untuk bikin essay mengenai topik tertentu. Waktu itu saya pake agent jadi cuma submit essay tp setelahnya diurus sama mereka.

 

Moderator: Apakah ada jurusan yang sama dengan Anda di universitas lain di Belanda? Bagaimana komparasinya?

  • EKONOMI

Angel: Ada, di Groningen kalo tidak salah. Ada International Business Administration juga. Kalo yang mirip, di Hogeschool bisa ambil IBMS (International Business Management Studies)

  • PSIKOLOGI

Nadya N.: Ada juga Psychology english taught di Leiden Universiteit sama Erasmus Universiteit Rotterdam. Leiden dan Rotterdam itu usia Psychology (english taught) nya tergolong muda kayaknya kurang dari 5 tahun, jadi dulu saya lebih prefer di University of Groningen yang Psychology english taught nya udah lebih lama didirikan. Tapi Psychologie (dutch taught) nya Leiden dan Rotterdam sih usianya udah lama, yang baru itu english taught nya aja. Link Leiden Universiteit: http://www.bachelors.leiden.edu/studies/info/psychology. Link Rotterdam: http://m-eur.nl/programs/bachelor/international-bachelor-in-psychology.

  • HUKUM

Keziha: Ada di University of Groningen dan Tilburg University. Bedanya, mereka research-based dan program kuliahnya 3 tahun.

 

Moderator: Apa saja prospek kerja yang relevan dengan program studi Anda? Apa rencana Anda setelah lulus?

  • HUKUM

Priska: Prospek kerja tergantung sama specialization yang kalian ambil di tahun ketiga. Karena saya ambil commercial law specialization, saya kemungkinan akan kerja di international company atau arbitration. Banyak prospek kerja di bidang commercial law karena banyak international companies yang lagi berkembang. Terus karena saya dari Hogeschool, saya udah biasa praktek dalam projek sama assignment jadinya seperti sudah merasakan dunia kerja sedikit.

  • PSIKOLOGI

Dimas: Prospek kerja relevan untuk Psychology lumayan luas, selain pekerjaan stereotypical sebagai seorang psikolog klinis, gelar Psychology bisa dipakai untuk menjadi seorang consultant dari sudut pandang organizational atau industrial, juga di Human Resources. Menjadi Consumer Psychologist juga menarik dalam bidang marketing atau bisnis.

Selain di business, juga bisa menjadi Sport Psychologist untuk membantu dalam proses pelatihan atlet-atlet. Dalam setting akademik, bekerja menjadi seorang Researcher juga pilihan yang bagus. Kalo untuk saya sendiri, saya tertarik menjadi Coach atau Organizational Consultant dalam setting bisnis yang specialist dalam group dynamics.

  • EKONOMI

Angel: Prospek kerjanya kalo finance ya tidak jauh-jauh dari menjadi financial controller, atau auditor juga bisa. Tapi saya rasa yang penting ditekankan buat teman-teman yang (mungkin) berminat ambil finance: finance dan accounting adalah dua bidang yang berbeda. Jadi jangan salah pilih. Anak finance belajar accounting juga, tapi anak accounting tidak belajar bidang finance. kalau rencana setelah lulus, saya ingin lanjut ambil master supaya lebih dalam lagi pengetahuan yang saya punya.

 

Moderator: Bagaimana ilmu Anda bisa bermanfaat di Indonesia?

  • EKONOMI

Angel: Saya selalu punya konsep berpikir dimanapun ada sirkulasi uang, ilmu finance saya bisa berguna. entah itu skala mikro atau makro. jadi ya mulai dari perusahaan kecil, perusahaan internasional, maupun mungkin organisasi kenegaraan, dimanapun ada sirkulasi uang saya bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah saya dapatkan selama ini.

  • PSIKOLOGI

Dimas: Setiap bidang psikologi itu bermanfaat di Indonesia. Tapi menurut saya yang paling dibutuhkan itu Clinical Psychologist. Contohnya, makin banyak orang yang depresi salah satunya karena faktor eksternal yang kurang mendukung (strata sosial & ekonomi yg tidak equal, tuntutan kerja, dll)

  • HUKUM

Keziha: Sosial & budaya: memperkaya wawasan di kancah internasional, memperluas jalinan bilateral & multilateral Indonesia. Ekonomi: mengetahui konsep2 dasar hukum yang penting untuk wirausaha. Politik: memahami dunia politik di kancah internasional.

Moderator: Apa pesan Anda untuk peserta diskusi?

  • HUKUM

Keziha: Bidang hukum memerlukan minat membaca yang sangat tinggi & kemampuan bahasa inggris yang sangat baik. Juga minat yang besar utk membaca artikel-artikel yang berbobot.

  • EKONOMI

Angel: Buat kalian yang mau lanjut ke jenjang perkuliahan, diusahakan mempertimbangkan negara, jurusan, peminatan kalian secara seksama mungkin. Jangan sampai salah pilih, apalagi kalo sudah sampai negeri orang lalu nyesel. Buat list pro dan kontra dari pilihan2 yang kalian punya sampai mantap. Lalu kalau sudah mantap, jangan mundur lagi. Kalau pun nantinya jadi ke Belanda dan homesick, tenang aja kok. Kalian punya keluarga PPI Belanda yang kompak banget disini. Lagipula, belanda itu salah satu negara yang tingkat kriminalitasnya cenderung rendah, paling mentok-mentok maling sepeda hehe. Masakan indonesia sangat mudah didapatkan juga disini. Semoga sukses dalam memilih ya

  • PSIKOLOGI

Nadya N.: Namanya kuliah, pasti butuh kerja keras dan motivasi yang stable untuk bisa sukses, dan lebih khususnya ketika kuliah di luar negeri seperti Belanda. Yang menarik itu kalo kita belajar di luar comfort negara sendiri, kita akan mendapat nilai-nilai bermanfaat yang cuma bisa dirasakan pas belajar di luar negeri.

One comment

  1. Putri Nurokhmah

    Saya tertarik untuk melanjutkan S2 di Belanda. Apakah ada PPI Belanda yang kuliah di Erasmus University Rotterdam dengan mendapatkan beasiswa LPDP? Dan Saya memerlukan informasi tentang mahasiswa/ alumni yang kuliah di EUR pada Fakultas Ilmu Sosial, terutama pada program magister di jurusan International Public management and Public Policy. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: