Tanya Jurusan: Bachelor’s Degree Programs (Science)

Narasumber:

Christopher Burhan

Christopher Burhan: Bachelor of Automotive Engineering in HAN University of Applied Sciences

Monica Suryaniputri

Monica Suryaniputri: Bachelor of Industrial Engineering and Management in Fontys University of Applied Sciences

Ghani Abdul Malik

Ghani Abdul Malik: Bachelor of ICT and Software in Fontys University of Applied Sciences

Tulisan ini adalah notulensi dari diskusi Tanya Jurusan via Whatsapp yang diselenggarakan oleh PPI Belanda bekerja sama dengan Sahabat Beasiswa pada tanggal 21 Februari 2016.

 

Moderator: Buat semua narasumber nih, apa jurusan bachelor yang Anda ambil? Bagaimana sistem perkuliahannya?

Christopher: Halo Semua nya. Kenalin nama saya Christopher Burhan.

Untuk pertanyaan pertama : Automotive Engineering. Jadi di kuliah jurusan ini kita belajar lebih dalam mengenai Automotive. Mulai dari Engine, Electrical, Suspension, Braking, Steering dan segala macam yang ada di mobil. Bachelor of Automotive Engineering selesai dalam waktu 4 tahun. Dimana 4 tahun tersebut terbagi dalam :

1st Year (Propedeuse): 60 ECTS

2nd Year (Main phase): 60 ECTS

3rd Year (Internship dan Course 7/8): 60 ECTS

4th year (Exchange/Minor dan Graduation Assignment): 60 ECTS

Tiap tahun 60 ECTS harus di capai. Kalau 60 ECTS tidak dicapai dalam waktu 2 tahun, student akan di keluarkan dari sekolah. Bachelor Automotive Engineering ini dibagi 2 ada CB and TC Course. Tapi berhubung kita International Bachelor hanya option CB yang available, TC hanya untuk dutch student. CB lebih banyak kerja praktek dari pada research.

Monica: Hai semuanya! Kenalin juga saya Monica. Jurusan saya Industrial Engineering and Management dari Fontys Hoogeschool. Program ini mempersiapkan kita untuk menjadi manager di bidang insutri. Maka dari itu program ini sangat luas, dimana kita focus pada banyak aspek dalam industry, contohnya logistics, business/management, organisasi, dan product development. Lama program 4 tahun. Jumlah ECTS yang perlu dicapai adalah 60ECTS/year.

Dalam periode 4 tahun ada 2 internship (termasuk graduation thesis) di tahun ke 3 dan 4 masing-masig selama 6 bulan (1 semester). Di tahun ke 3 ada juga program minor/exchange (pilih salah satu) selama 1 semester. Di jurusan ini, kita lebih banyak melakukan practical studies. Jadi kita tidak terlalu belajar banyak teori yang mendalam, tapi lebih banyak case-study dalam project2. Project2 ini dilakukan didalam sekolah maupun di external company (tahun kedua). Oh iya, jadi minor itu satu semester yang kalian boleh pilih subject apapun dan di uni manapun (biasanya yang punya hubungan sama uni).

Ghani: Halo semuanya! Kenalin saya Ghani. Saya mengambil jurusan ICT & Software di Fontys Hogeschool. ICT & Software merupakan salah satu jurusan dari Fakultas ICT yang fokus ke Software Engineering, dimana mahasiswa diajarkan agar dapat membuat dan mengembangkan sebuah software.

Credit yang harus diambil per semester adalah 30 Credits. Kebanyakan dari mata kuliah di jurusan ini lebih mengarah kepada practical based, dimana mahasiswa mencoba langsung menerapkan pelajaran-pelajaran yang di dapat dari mata kuliah. Untuk jurusan ini, terdapat dua tipe internship, tahun ke tiga perkuliahan terdapat internship seperti pada umumnya dimana mahasiswa melakukan internship di suatu instansi (baik itu perusahaan ataupun fontys sendiri), dan pada tahun ke empat terdapat graduation project dimana mahasiswa mengerjakan internship sekaligus menyelesaikan thesis berdasarkan internship mereka.

 

Moderator: Mata kuliah apa saja yang menarik untuk Anda?

Monica: Kalo menurut saya, yang paling menarik Operation Management dan Logistics. Di mata kuliah ini kita belajar cara untuk meng-improve operasional dengan mengurangi waste dalam aktivitas operasional dalam perusahan agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Ghani: Kalo dari saya Object Oriented Design. Mata kuliah ini membahas tata cara pemrograman secara object oriented, dimana mahasiswa dapat langsung ngoding dan mengerti konsep ngoding juga.

Christopher: Internal Combustion Engine. Disini kita belajar detail tentang mesin kendaraan      seperti bagaimana mesin bekerja, apa aja element yang harus ada untuk proses combustion, dan lain lain. Selain itu, Vehicle Technology juga menarik dimana kita belajar tentang beberapa system yang mendukung kendaraan unutk beroperasi. Suspension System juga oke karena saya belajar mengenai macem-macem Suspension System yang dipakai kendaraan. Seperti Suspension Travel Calculations, Braking System, Braking Force Calculations, Braking Distance Calculations.

Itu adalah beberapa pelajaran yang menurut saya paling menarik so far dari 1st year sama 2nd year saya

 

Moderator: Apa saja pilihan topik penelitian / proyek di program studi tersebut? Apa kira-kira rencana penelitian / projek Anda (jika sudah ada)?

Ghani: Topik penelitian di bidang software development ada banyak, salah satu contohnya, ngembangin web application atau desktop application. Web application membahas tentang pengembangan sebuah website dan desktop application membahas tentang pengembangan sebuah aplikasi PC.

Untuk thesis saya kemarin sih mengembangkan desktop application untuk suatu perusahaan disini. Saya kemarin mengerjakan thesis saya di ASML, salah satu perusahaan belanda. Nah, disitu saya bener-bener ngerasain gimana suasana kerja di eropa. Kalian bebas kasih pendapat apapun asal itu dapat membangun perusahaan, dan disini asik-asik kok orangnya jadi jangan malu-malu buat mengutarakan pendapat atau ide. Kerasa banget disini lebih bebas dan lebih terus terang ke orang-orang sekitar.

Christopher: Project di HAN Automotive ada banyak:

  • Subaru “Waterstoof” project
  • Project Detonation
  • HAN Formula Student Team
  • Shell Eco Marathon
  • Fuel Cell Project
  • dan lain-lain

Saya sekarang lagi mengerjakan projek di HAN Formula Student Team. Ini adalah salah satu racing team HAN yang baru dibentuk tahun lalu. Kita sekarang lagi buat Racing Car nya. Puji Tuhan kita udah terdaftar untuk kompetisi FSAE Di Jerman dan akan ikut race di bulan Agustus 2016 ini.

Monica: Beberapa projek penelitian di Fontys jurusan adalah market research (customer satisfaction atau potential customer demand), process improvement (bagaimana cara mengurangi waiting time produksi, cara mengurangi processing time, inventory management, supply chain, dll), product development, culture change, dll. Kebanyakan management sih walaupun ada technicalnya juga.

Kalo buat saya sih yang paling interesting project saya yang baru aja selesai kemaren. Saya ngelakuin projek di company beneran. Tugasnya tuh untuk mengimprove sebagian proses dari company tersebut dan kebetulan prosesnya itu adalah transport barang2 mereka. Karna waste itu bentuknya banyak, kalo yang projek saya ini buat ngurangin waiting time gitu biar logistik mereka lebih efisien.

 

Moderator: Yuk lanjut pertanyaan selanjutnya. Bagaimana cara mendaftar ke program studi Anda? Apa saja requirementsnya?

Christopher: http://www.han.nl/opleidingen/bachelor/en/automotive-engineering/vt/ – HAN Automotive Engineering dan http://www.han.nl/opleidingen/bachelor/en/automotive-engineering/vt/ – Apply HAN Automotive Engineering. Ini adalah 2 website yang bisa langsung dibuka untuk melihat lebih detail mengenai HAN Automotive.

Kalo saya dulu bisa sampai di belanda lewat salah satu Representative Agent dari HAN dan beberapa sekolah lain di Belanda. Namanya Duabangsa Educational Service. Alamatnya di Epiwalk Mall 5th Floor #522A, Kompleks Epicentrum Jl. HR Rasuna Said Epiwalk 5th Floor #522A, Jakarta 12940.

Nanti dia urusin semua nya. Waktu itu saya hanya kirim dokumen-dokumen yang diperluin, kayak IELTS/TOEFL misalnya. Untuk di HAN minimal score IELTS 6. TOEFl nya saya tidak tahu karena waktu itu saya pake IELTS. Dokumen yang dibutuhkan misalnya seperti raport, SKHUN, dll. Untuk jurusan saya, karena ini perlu basic IPA, jadi perlu jurusan IPA di SMA yaa. Nanti waktu daftar, HAN akan interview kalian via Skype.

Monica: Kalo saya sama juga kayak Christopher. Saya juga daftar melalui agen Dua Bangsa. Tapi bisa juga langsung dari website Fontys nya. Murid dari jurusan di SMA IPA ataupun IPS boleh daftar ke program ini. Requirementsnya cuma punya diploma SMA (lulus SMA) dan nilai IELTS minimal 6.0. By the way, yang Dua Bangsa itu ga di charge biaya agensi kalo daftar dari situ. Asalkan lulus UN aja kayanya. Kalo yang minimal nilai itu ada buat daftar beasiswa.

Ghani: Berhubung saya ngikut program Double Degree dari Telkom University, Bandung, requirementnya nilai 6 di IELTS, IPK lebih dari 3 dan sudah mencapai 100 SKS. Untuk requirement double degree dari univ lain di indonesia biasanya gak beda jauh kok. Oh iya, double degree sendiri itu kuliah yg di jalanin 2 tahun di indonesia dan 2 tahun di belanda. Nanti pas lulus bakal dapet 2 gelar dan ijazah satu dari univ di indonesia, satu lagi univ di belandanya. Link untuk melihat admission fontys : http://fontys.edu/Bachelors-masters/Bachelors.htm

Sebelum itu saya juga ada sesi interview via skype juga sama kaya Christopher. Kalau, di belanda relasi dosen sama mahasiswa lebih kaya temen sama temen jadi nanya apapun santai. Kalau di Indonesia, temen-temennya yang akrab banget

 

Moderator: Pilihan beasiswa apa saja yang ditawarkan? Apakah Anda menggunakan beasiswa? Jika ya, beasiswa apa yang Anda ambil dan bagaimana cara apply-nya?

Monica: Ada beasiswa dari Fontys sendiri sebesar 1600 euro yang bakal diberikan di tahun pertama dan kedua. Syarat untuk beasiswa ini adalah nilai rata-rata 7 di SKHUN tapi pelajaran matematika, inggris, dan fisika tidak boleh dibawah 7 (ini untuk beasiswa yang taun pertama). Kalo mau dapet beasiswa lagi di tahun kedua, kalian harus dapet full 60ECTS di tahun pertama kuliah, kalo tidak 1600nya tidak dapat lagi di tahun kedua.

Selain beasiswa fontys itu, ada juga Holland Scholarship, yaitu refund sebesar 5000 euro di tahun pertama. Untuk mendaftar beasiswa ini, kalian harus membuat motivation letter. Biasanya scholarship ini di-arrange juga sama agen Dua Bangsa tadi. Beasiswa ini kalian dapetin dua-duanya, jadi kalian harus pilih salah satu. Persyaratan ini juga berlaku buat semua jurusan di fontys ya.

Christopher: Ada 2 macam beasiswa di HAN, yaitu Holland Scholarship dan HAN Talent Scholarship

Saya menggunakan HAN Talent Scholarship. Cara apply nya, anda harus enroll sebagai fulltime English bachelor student dan warga negara diluar eropa. Waktu itu pas jaman saya apply, belum ada Talent Scholarship. Talent scholarship HAN kurang lebih sama seperti yang Monica jelasin untuk beasiswa yang Fontys berikan. Holland Scholarship 5000 euro, Talent Scholarship 2500 euro. Kalo saya tidak salah, Talent Scholarship ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Informasi tentang beasiswa bisa ditanyakan ke Dua Bangsa untuk lebih detailnya.

Ghani: Karena saya double degree jadi tidak ada beasiswanya. Tapi kalo yg jurusan saya (ICT) bisa apply juga ke beasiswa Fontys

 

Moderator: Apa saja prospek kerja yang relevan dengan program studi Anda? Apa rencana Anda setelah lulus?

Christopher: Prospek kerja Automotive engineer, dapat men design, men develop, serta mengembangkan kendaraan. Rencana setelah lulus saya mau kerja dulu lalu ambil master. Kalo ada yang suka nonton balap F1, nah, automotive engineer banyak di perlukan di situ. Tapi, untuk interior bukan automotive engineer.

Ghani: Karena pasar Belanda saat ini lagi membutuhkan banyak engineer, salah satunya ICT, bisa dibilang jurusan ini menyediakan banyak prospek kerja kalo mahasiswanya udah lulus. Rencana saya saat ini lagi meng-apply pekerjaan di bidang software engineering. Bahkan juga ada yg bidang networking. Sesuai passion masing-masing di bidang IT nya

Monica: Field kerja untuk lulusan Industrial Engineering dan Management sangat luas. Kita bisa bekerja di hampir semua perusahaan, production maupun service company. Beberapa contoh pekerjaan yang bisa dilakukan adalah operation manager, supply chain manager, maupun purchasing.

 

Moderator     : Bagaimana ilmu Anda bisa bermanfaat di Indonesia?

Monica: Di Indonesia, banyak perusahaan yang operasionalnya masih kurang efisien. Banyak waktu yang terbuang untuk melakukan proses yang tidak memberikan nilai tambah ke dalam produk. Dengan ilmu dan pengalaman yang didapat dr program ini, kita bisa mengoptimalkan proses operasional perusahaan-perusahaan di Indoesia jadi setiap aktivitas yang dilakukan adalah berguna dan pada akhirnya meningkatkan profit perusahaan.

Ghani: Menurut saya, jaman sekarang itu lagi jamannya Internet of things. Di Indonesia masih banyak aspek yg butuh software engineering dalam bidang apapun biar dapat menyesuaikan software yang ada dengan teknologi Internet of Things.

Christopher: Kalo menurut saya ilmu ini bisa digunakan untuk merapihkan kendaraan yang ada di Jakarta. Misalnya kerja sama dengan pemerintah untuk membuat peraturan yang lebih tegas terkait dengan polusi udara. Karena uji emisi perlu banget di Indo. Buat teman-teman di Indonesia, Hidup di belanda enak banget, polusi udara sangat minim

 

Moderator: Adakah pesan-pesan dari kalian buat teman-teman di Indonesia gak?

Ghani: Cari jurusan yang emang sesuai sama passion, dan semangat terus mengejar cita-cita kalian!

Monica: Saya juga hampir sama kayak Ghani. Banyak-banyak research aja sebelum pilih jurusan biar gak salah pilih

Christopher: Push Hard for your goals. Cari dulu apa yang anda inginkan, jangan sampai salah pilih jurusan karena itu bisa buat rugi anda tidak cuman satu hal tapi di banyak hal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: