Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Halo semuanya! Warga di Indonesia di belanda kedatangan tamu spesial dari MPR dalam acara sosialisasi empat pilar MPR RI. Acara ini dilaksanakan di KBRI pada 6 oktober 2015 pukul 18:00. Acara dibuka oleh wakil dubes KBRI bapak Ibnu Wahyutomo.

Pembicara tidak semua dari MPR, adapun sebagian dari DPR dan DPD. Lalu apa saja yang dibahas dalam acara ini? Sebagai warga negara Indonesia, kita harus berpegang teguh kepada pancasila karena itu bagian dari dasar dasar negara. Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agama dan ras sehingga dibutuhkan usaha yang besar untuk menyatukan para rakyatnya.

Di dunia, masih ada masyarakat yang mempunyai bahasa dan budaya yang sama namun tidak mampu bersatu. Sebut saja korea selatan dan korea utara; mereka mempunyai bahasa yang sama namun hingga sekarang masih belum saja bersatu. Negara negara di timur tengah umumnya terdiri dari negara arab. Namun apakah mereka menjadi satu negara? Tentu saja tidak, masing masing berdiri sebagai negara sendiri walaupun mereka mempunyai bahasa dan agama yang sama.

Disini Indonesia menunjukkan mottonya; Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun Indonesia terdiri dari masyarakat yang majemuk, kita mampu bersatu. Apakah ada kemungkinan untuk terjadinya konflik antar masyarakat? Tentu saja, sebut aja kasus timor timor, Gerakan Aceh Merdeka dan Organisasi Papua Merdeka. Masalah ini akan timbul apabila Indonesia jauh dari nilai nilai pancasila.

Sebut saja sila kelima “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Namun kita bisa melihat sekarang masih banyak rakyat yang belum sejahtera. Lalu sila keempat “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Namun masih banyak kasus korupsi dan tindakan kriminal lain di negeri ini. Ini semua dapat diatasi ketika kita kembali ke nilai nilai pancasila. Para pendahulu sudah bersusah payah demi memperoleh kemerdekaan maka kita sebagai penerus bangsa tidak boleh menyerah dalam mempertahankan kesatuan Indonesia.

Hidup Indonesia Raya!

Sumber : http://ppidenhaag.org/sosialisasi-empat-pilar-mpr-ri/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: