Semarak Groenscup XVI

 

Oleh PPI Groningen

 

Groningen – Dalam rangka mempererat silahturahmi, rasa kebersamaan, persahabatan, dan persaudaraan, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Groningen menyelenggarakan kembali kompetisi olahraga Groenscup yang diselenggarakan untuk keenam belas kalinya. Groenscup sendiri telah dilaksanakan sejak tahun 2001 dengan animo masyarakat Indonesia di Eropa yang cukup tinggi setiap tahunnya.

Kompetisi olahraga diharapkan dapat mempersatukan seluruh komunitas, khususnya komunitas pelajar Indonesia di Belanda dan di Eropa. Penyelenggaraan Groenscup XVI tahun ini mengundang hampir seluruh perhimpunan pelajar Indonesia di Eropa dan berhasil mengumpulkan 17 komunitas di Eropa dengan 15 diantaranya adalah komunitas pelajar Indonesia di Belanda, Prancis, dan Jerman serta 2 diantaranya adalah Al-Ikhlas Amsterdam dan KBRI Den Haag.  Terdapat 9 cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni: catur, capsa, panco, FIFA, futsal, voli, basket, tenis meja, dan bulu tangkis.

Kegiatan yang diketuai oleh Raihan Markatin, mahasiswa jurusan Chemical Engineering, University of Groningen, antusiasme dari peserta, pendukung, panitia, dan warga Indonesia di Belanda ramai memenuhi ACLO Sportcentrum, Groningen, tempat dimana acara berlangsung. Selain itu, kegiatan juga turut dilengkapi dengan bazaar makanan bercita rasa khas Indonesia yang menjadi salah satu daya tarik peserta dan pendukung yang hadir. Salah satu kegiatan yang paling menarik dalam kompetisi ini adalah pertandingan ekshibisi bulu tangkis antara Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, dengan pemenang ganda semi-pro dari PPI Enschede, Belanda.

Meraih banyak kemenangan di beberapa cabang olahraga seperti catur, tenis meja, voli, dan bulu tangkis menjadikan KBRI Den Haag sebagai Juara Umum Groenscup XVI. Dengan diumumkannya seluruh pemenang dari setiap cabang olahraga, kegiatan Groenscup XVI ditutup dengan secara resmi oleh Bapak H.E. I Gusti Agung Wesaka Puja selaku Duta Besar Indonesia untuk Kejaraan Belanda dan diharapkan dapat mempererat sportivitas dan kebersamaan seluruh komunitas, khususnya pelajar Indonesia yang ada di Belanda dan Eropa.

Disadur dari website PPI Groningen: http://ppigroningen.nl/2017/05/kbri-den-haag-juara-umum-groenscup-2017/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: