Rekreasi Massal di Amsterdam

Oleh Sadriana Estisono

Amsterdam – PPI Belanda memiliki program kerja tahunan bernama Ariba (Arisan bareng-bareng) yang dilaksanakan satu atau dua kali setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kumpul-kumpul rekreasi bersama seluruh PPI Kota serta mengenalkan dan mempererat hubungan warga Indonesia yang ada di Belanda. Pada tahun 2017 ini, PPI Belanda bekerja sama dengan PPI Amsterdam untuk menyelenggarakan Ariba di Amsterdam dengan tagline Amsterdam Run and Fun! Ariba dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2017 lalu dengan konsep kegiatan berupa relay games yang harus diselesaikan oleh para peserta.

Ariba 2017 kali ini dihadiri oleh 38 peserta yang berasal dari Amsterdam, Rotterdam, Groningen, Delft, Leiden, Wageningen, Utrecht, Tilburg, Enschede, Eindhoven, Nijmegen, Deventer, dan Venloo. Terdapat 6 jenis permainan yang dilakukan dan 2 di antaranya berlokasi di Museumplein, sebuah area yang merupakan tempat beberapa museum, dan Vondelpark.

Pada awal permainan, para peserta dibagi menjadi beberapa tim. Pada setiap pos yang berhasil dilalui, tim akan diberikan bola dan nantinya tim dengan bola terbanyak akan menjadi pemenang. Permainan dimulai dengan menebak lokasi pos kedua dengan petunjuk diberikan dalam bahasa Belanda. Setelah memecahkan petunjuk tersebut, peserta diarahkan menuju ke pos kedua yaitu Museum Van Gogh. Disini, peserta diberi tantangan untuk menirukan gaya foto sesuai dengan arahan dari panitia. Jika peserta berhasil, mereka diarahkan menuju pos ketiga yang bertempat di Vondelpark. Games di pos ketiga adalah permainan Minesweeper dengan konsep peserta memilih kotak untuk menuju finish, namun terdapat beberapa bom di dalam kotak tersebut dan mereka harus bisa melewati tantangannya tanpa menginjak bom tersebut.

Pos keempat berisi games yang mengharuskan dua tim untuk bersaing. Para peserta akan berbaris dan secara berurutan menirukan gambar dari peserta sebelumnya, sedangkan peserta terakhir akan menebak gambar tersebut. Jika salah satu tim menang, mereka akan lanjut ke pos kelima yang berisi permainan dodgeball. Disini, masing-masing tim juga harus bersaing dengan tim lainnya untuk saling melempar bola secara bergantian, namun bola tersebut tidak boleh menyentuh bagian tubuh tim lawan. Tim yang bisa menyingkirkan semua anggota tim lawan atau yang hingga akhir waktu permainan masih memiliki jumlah anggota terbanyak, maka mereka yang akan menjadi pemenang. Pos terakhir adalah lompat tali. Peserta harus bermain lompat tali, namun masuk ke lompatan tali tersebut secara bergantian.

Kegiatan Ariba dilanjutkan dengan acara makan bersama seluruh peserta dan panitia. Di akhir acara, panitia mengumumkan 3 tim sebagai pemenang kegiatan dan membagikan hadiah kepada peserta. Sebagai penutup, Ariba dilengkapi dengan sesi foto pemenang serta seluruh panitia dan peserta yang menghadiri kegiatan ini. Secara keseluruhan, kegiatan Ariba kali ini berlangsung dengan seru dan para peserta nampak antusias untuk mengikuti keseluruhan acara. So, jangan sampai kelewatan Ariba selanjutnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: