Rapat Perdana Pengurus PPI Belanda 2017/2018
Foto Bersama Sebagian Pengurus PPI Belanda 2017-2018

Rapat Perdana Pengurus PPI Belanda 2017/2018

Pada Sabtu, 4 November 2017, bertempat di Gedung KOG Fakultas Hukum, Universitas Leiden, diadakan rapat perdana pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Belanda 2017/2018 yang dihadiri oleh Sekertaris Jenderal (sekjen) terpilih Yance Arizona (kandidat PhD bidang hukum, Universitas Leiden), dan para pengurus periode berlangsung  dan sebelumnya. Pengurus PPI Belanda terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di pelbagai kota di Belanda. Acara berlangsung selama enam jam, mulai pukul 11:00 hingga 17:00 waktu setempat, diawali dengan sambutan hangat sekjen PPI Belanda 2017/2018.

Tak luput dalam kesempatan ini, sekjen PPI Belanda periode 2016/2017, M. Fariz Isnaini (kandidat PhD bidang bisnis dan ekonomi, Vrije Universiteit Amsterdam), menjelaskan program-program kerja PPI Belanda yang telah terealisasi selama satu tahun masa kepemimpinannya. Pemaparan program kerja tersebut dijelaskan secara umum untuk masing-masing departemen. Fariz juga menyebutkan beberapa fokus utama dalam kepengurusannya antara lain penguatan sinergi antara PPI Belanda dengan PPI Kota, peningkatan koordinasi dengan PPI Kota, pembentukan ikon PPI Belanda, serta peningkatan kebermanfaatan dan jiwa kritis dari PPI Belanda dan anggotanya.

Paparan dan Sharing dari Sekjen PPI Belanda 2016-2017

Lebih jauh lagi, Fariz memaparkan beberapa perbedaan kepengurusan PPI Belanda 2016/2017 dengan kepengurusan-kepengurusan di tahun sebelumnya. Pertama, seluruh kegiatan acara dalam program kerja PPI Belanda 2016/2017 dilaksanakan dengan kolaborasi bersama PPI Kota. Kedua, melalui program “PPI Belanda We Connect” yaitu kunjungan ke seluruh PPI Kota di Belanda, PPI Belanda lebih berusaha aktif meningkatkan koordinasi dan kedekatan anggotanya dengan PPI Kota. Selanjutnya, dicanangkannya program kerja “Gebyar Indonesia” dan “Indonesian Intellectual Forum in the Netherlands (IIFN)” sebagai acara ikonik dari PPI Belanda. Dalam kepengurusannya, PPI Belanda telah berhasil menyelenggarkan beberapa diskusi baik melalui lingkar inspirasi, kuliah umum (public lecture), diskusi terbuka, seminar, serta dalam beberapa bentuk pernyataan sikap.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan perkenalan lebih dekat dengan sekjen dan seluruh pengurus PPI Belanda 2017/2018. Ajang ini merupakan momen pertama kalinya para pengurus bertatap muka dan berkenalan secara langsung. Diharapkan, kekompakan antarpengurus mulai dapat terbangun sehingga nantinya mampu menjalankan tugas bersama dalam naungan PPI Belanda dengan baik.

Paparan Sekjen PPI Belanda 2017-2018

Setelah jeda istirahat siang, acara dilanjutkan dengan penyampaian visi dan misi, program kerja, serta penjelasan mengenai struktur organisasi PPI Belanda oleh Yance. Yance menambahkan bahwa ia berharap PPI Belanda mampu menjadi wadah untuk mempererat hubungan antarpelajar Indonesia dan antara pelajar dan diaspora Indonesia di Belanda. Hal tersebut dirasa sangat penting karena seiring semakin kuatnya hubungan antara Indonesia danBelanda dalam bidang pendidikan, jumlah mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di negeri van Oranje ini pun meningkat. Selain itu, ia juga berharap PPI Belanda dapat “merangkul” dan menjadi jembatan antarPPI Kota di Belanda, serta menjalin kerjasama yang baik dengan pihak eksternal, seperti provider beasiswa.

Suasana Rapat Pengurus

Suasana Rapat Perdana PPI Belanda 2017/2018

Selanjutnya, pengurus PPI Belanda baru berkumpul dengan rekan di masing-masing departemennya untuk merumuskan program kerja yang akan dieksekusi selama setahun ke depan. Sebelum pertemuan ini ditutup, acara diisi dengan bincang-bincang santai serta foto bersama dengan jajaran kepengurusan PPI Belanda yang baru.

 

Narasi: Rivandi Pranandita P.

Foto: Hadi

Editor: Aprianavina

Supervised by Yance A

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: