Pada hari Sabtu, 24 Februari 2018, setelah bertandang dengan PPI Wageningen, Divisi Sahabat Kota PPI Belanda (PPIB) kembali melanjutkan kegiatan PPI We Connect bersama PPI Utrecht (PPIU). Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua jam mulai pukul 3 hingga 5 sore waktu setempat di Uithof Library 244, Utrecht University, Belanda. Dalam kegiatan tersebut, rekan-rekan dari PPIB dan PPIU saling bersilaturahmi dan berbagi program kerja masing-masing. Dari pihak PPIB, beberapa pengurus yang hadir antara lain Alim, Andrea, Yudha, Ika, dan Stella. Sementara itu, beberapa pengurus PPIU yang hadir antara lain Tri (Ketua PPIU), Zulfi (presidium PPIU), Mila (sekretaris PPIU), Venia (bendahara PPIU), Lukman (koordinator divisi kajian PPIU), Hazel (staff divisi kajian PPIU), Tigro (koordinator divisi olahraga dan seni budaya PPIU), Gloria (staff divisi olahraga dan seni budaya PPIU), dan Arif (staff divisi Komunikasi PPIU).

Dalam kesempatan yang diberikan, PPIU menyampaikan beberapa kegiatan rutinnya, yaitu Angkringan Utrecht, Forum Kemisan, dan kerjasama komunitas seni Angklung dan band Utrecht. Program Angkringan Utrecht berupa kajian dan diskusi dan akan dilaksanakan selama tiga kali, yaitu pada bulan Juni, Oktober, dan November dengan tema yang berbeda-beda. Sementara itu, program Forum Kemisan akan diisi dengan sharing dan diskusi rutin mengenai proyek penelitian dan perkuliahan di lingkungan Utrecht University. Target kegiatan ini adalah semua mahasiswa di Utrecht University, baik mahasiswa bachelor, master, maupun PhD. Sesuai namanya, Forum Kemisan ini akan diadakan pada hari Kamis tiap satu bulan sekali. Selain kedua kegiatan tersebut, PPIU juga menyampaikan program kerjasama komunitas seni Angklung dan band Utrecht dengan kemungkinan untuk tampil di berbagai kegiatan di PPIB.

Selain program kerja internal, PPIU juga menyampaikan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dengan kerjasama dengan PPIB, yaitu diskusi keprofesian/ lingkar inspirasi dan INSERT CEPA. Untuk kegiatan INSERT CEPA, akan ada dua bagian, yaitu untuk bidang ilmu sains dan sosial. Akan diadakan pula workshop penulisan ilmiah & pembuatan poster pada bulan April/ May 2018 yang akan berjalan dengan kerjasama antara PPIU dengan PPIB. Pada bulan April 2018, akan diadakan pengelolaan peer-group per bidang keilmuan melalui survei profil bidang keilmuan mahasiswa.

Setelah itu, PPIB bergantian menyampaikan beberapa program kerjanya, antara lain kegiatan internal PPIB, kegiatan BPH (Badan Pengurus Harian) PPIB, dan kegiatan PPIB yang bekerjasama dengan pihak eksternal (Nuffic Neso). Beberapa kegiatan internal PPIB yang disampaikan, antara lain Ariba (Arisan Bersama), pengumpulan database, Hoi Allemaal (Tanya Jurusan), kursus bahasa Belanda, serta pembuatan kalender kegiatan, survival book, dan Champion van Holland. Kegiatan Ariba akan dilaksanakan sekitar bulan April dengan konsep fun bike/ amazing race dan bertujuan sebagai wadah silaturahmi perwakilan pengurus PPIB dan PPI kota. Sementara itu, pengumpulan database dilaksanakan sesuai bidang keilmuan. Dalam kegiatan Hoi Allemaal, PPIW juga akan dilibatkan sebagai narasumber karena memang jadwalnya bergantian per tiap PPI kota. Untuk kegiatan kursus Bahasa Belanda, PPIB akan menjalin kerjasama dengan Indonesia-Netherlands Youth Society di Den Haag, Belanda. Selain keempat program tersebut, program kerja lain yang juga disampaikan PPIB yakni pembuatan kalender kegiatan, survival book, dan Champion van Holland. Khusus untuk pembuatan survival book, akan dilakukan kerjasama dengan bloggers dan penerbit buku.

PPIB juga menyampaikan beberapa kegiatan BPH seperti kajian strategis,  AD/ART, workshop tematik, serta program zakat dari Divisi Pengabdian Masyarakat. PPIB juga memiliki program kerja yang melibatkan pihak eksternal (Nuffic Neso), yaitu Career Cafe dan PPI Goes Back Home yang merupakan semacam kegiatan perkenalan tentang kuliah di Belanda di kampus-kampus Indonesia.

Akhir kata, kegiatan PPI We Connect Goes to Utrecht ditutup dengan penyampaian harapan dan komitmen dari kedua belah pihak untuk bisa saling bekerjasama selama satu periode kepengurusan ke depan. Terima kasih banyak kepada rekan-rekan pengurus PPIU untuk diskusi yang hangat dan menyenangkan.

Narasi: Rivandi Pranandita Putra

Foto: Juventia Dimitri Stella

Related posts

Leave a Comment