PPI Belanda (PPIB) kembali menyelenggarakan kegiatan PPI We Connect bersama PPI Amsterdam (PPIA) pada harı Minggu, 11 Februari 2018 lalu. PPI We Connect merupakan salah satu program kerja dari Divisi Sahabat Kota PPIB, yang bertujuan sebagai wadah untuk saling berbagi program kerja PPI kota sekaligus sebagai ajang silaturahmi ke masing-masing PPI kota di Belanda.

Sebelumnya, teman-teman dari Divisi Sahabat Kota sendiri sudah sering mengontak teman-teman PPIA dan salah satunya membahas program kerja ini. Setelah beberapa kali komunikasi, acara ini berhasil diselenggarakan. Acara tersebut diselenggarakan di VU Amsterdam, Amsterdam, Belanda. Dari pihak PPIB, pengurus yang hadir antara lain Yance selaku Sekretaris Jenderal PPIB beserta pengurus PPIB lainnya yaitu Yudha, Pamila, Hanif, Jazil, dan Stella. Sementara itu, beberapa pengurus PPIA yang hadir antara lain Jabbar selaku Ketua PPIA beserta pengurus PPIA yang lain yaitu Judith, Karin, Daffa, dan Vincent.

Dalam acara ini, PPIA terlebih dahulu menyampaikan program kerja mereka selama setahun ke depan (sampai November 2018). Beberapa program kerja tersebut antara lain ICTE (art and culture and tourism) dan stand-up comedy Pandji. Untuk program ICTE, rencananya akan dilaksanakan sekitar bulan Mei atau Juni 2018 dengan menjalin kerjasama dengan Institut Seni Budaya Indonesia atau Sanggar Budaya Syawfa Citradi dan Kementerian Pariwisata. Sementara itu, program stand-up comedy rencananya akan dilaksanakan pada minggu ke empat bulan Oktober 2018.

Selain mengadakan acara internal, PPIA juga berencana mengadakan beberapa kegiatan yang bekerjasama dengan PPIB, yaitu Festival Film Indonesia, diskusi keprofesian/lingkar inspirasi, dan INSERT. Kegiatan Festival Film Indonesia bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia lewat film (selain musik dan tari tradisional) kepada masyarakat internasional dan rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2018. Kegiatan diskusi keprofesian/lingkar inspirasi bertujuan untuk menjalin networking interaktif antar peserta. Kegiatan yang menyasar mahasiswa Indonesia di Amsterdam ini akan dilaksanakan pada bulan April 2018. Sementara itu, kegiatan INSERT yang akan diisi dengan presentasi dan diskusi akan dilaksanakan pada bulan September 2018.

Setelah PPIA selesai menyempaikan semua program kerjanya, PPIB pun menyampaikan program kerjanya. Beberapa kegiatan internal PPIB yang disampaikan antara lain Ariba, pendataan (database) mahasiswa, serta Hoi Allemaal. Selain itu, pihak PPIB juga menyampaikan beberapa kegiatan yang dilaksanakan dengan kerjasama bersama Nuffic Neso, yaitu Career Cafe dan PPI Goes Back Home.

Kegiatan PPI We Connect Goes to Amsterdam pun ditutup dengan penyampaian harapan dari masing-masing pihak untuk bisa saling kerja sama selama satu periode depan. Meskipun masih dalam tahap brainstorm, namun dari masing-masing pihak tetap optimis untuk bisa saling berkolaborasi ke depannya. Akhir kata, terima kasih banyak kepada teman-teman pengurus PPIA! Diskusi berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Teman-teman dari PPIB merasa senang bertemu dan semoga makin dekat dengan teman-teman PPIA.
Narasi: Rivandi Pranandita Putra
Foto: Dimitri Stella

Leave a comment

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: