Pengurus PPIB dan PPI Tilburg dalam Kegiatan PPI We Connect

Pada hari Minggu, 11 Maret 2018, Divisi Sahabat Kota PPI Belanda (PPIB) mengunjungi rekan-rekan PPI Tilburg untuk mengadakan kegiatan PPI We Connect. Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 10:30 hingga 13:00 CET tersebut bertempat di Rijtse Akkers 86, Tilburg, Belanda. Dalam kesempatan tersebut, rekan-rekan dari PPIB dan PPI Tilburg saling berbagi program kerja masing-masing untuk satu tahun ke depan. Beberapa pengurus yang hadir dari pihak PPIB antara lain Alim, Arie, dan Yudha. Sementara itu, Vicky (Ketua PPI Tilburg), Shemi (Wakil Ketua PPI Tilburg), Homi (Presidium PPI Tilburg), serta Edwin dan Tri (Divisi Kajian PPI Tilburg) hadir mewakili rekan pengurus PPI Tilburg.

Dalam kesempatan yang diberikan, rekan-rekan dari PPI Tilburg menyampaikan program kerja mereka selama satu periode ke depan. Ada dua program besar PPI Tilburg yang disampaikan, yaitu seminar dengan tema “Knowing Cultures through Languages” yang telah terlaksana pada hari Sabtu, 17 Maret 2017 lalu di Maranthakerk, Prof. Cobbenhagenlaan 19, Tilburg. Program lainnya adalah mengenai pengajuan KvK untuk keperluan legalitas organisasi dan sebagai identitas guna keperluan korespondensi eksternal. Sleian itu, dengan KvK, di beberapa kota bisa mengajukan bantuan berupa dana sosial/ bantuan kegiatan via gementee.

Program kerja dari PPIB, antara lain Ariba (Arisan Bersama), pengabdian masyarakat (Zakat, PPIB We Care), pengumpulan database, Student Life Ambassador, Hoi Allemaal (Tanya Jurusan), serta pembuatan majalah Jong Indonesia, kalender kegiatan, survival book, dan Champion van Holland. PPIB juga memiliki program kerja yang melibatkan pihak eksternal (Nuffic Neso), yaitu PPI Goes Back Home yang merupakan semacam kegiatan perkenalan tentang kuliah di Belanda di kampus-kampus Indonesia.

Ada satu program kerja yang merupakan kerjasama antara PPIB dengan PPI Tilburg, yakni kegiatanseri diskusi bertemakan “Kronik Indonesia 45-50: Dekolonisasi Indonesia 1945-1950”. PPI Tilburg menyatakan siap membuka kemungkinan menjadi tuan rumah untuk satu seri diskusi ini.

PPI We Connect bersama Pengurus PPIB dan PPI Eindhoven

Dari Tilburg, Divisi Sahabat Kota PPI Belanda (PPIB) melanjutkan perjalanan menuju Eindhoven untuk mengunjungi rekan-rekan PPI Eindhoven (PPIE). Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 14:30 hingga 16:30 CET tersebut bertempat di Hizmet Bakery & Shawarma, Kruisstraat 77, Eindhoven, Belanda. Dalam kesempatan tersebut, rekan-rekan dari PPIB dan PPIE saling berbagi program kerja masing-masing untuk satu tahun ke depan. Beberapa pengurus yang hadir dari pihak PPIB antara lain Alim dan Yudha. Sementara itu, Candy selaku Ketua PPIE ditemani Firstian dari Divisi Internal hadir mewakili rekan pengurus PPIE.

Dalam kegiatan tersebut, rekan-rekan dari PPIE menyampaikan program kerja mereka selama satu periode ke depan. Ada beberapa program besar PPIE yang akan dilaksanakan, yaitu Eindhoven League, Lingkar Diskusi, dan kegiatan “Made in Indonesia”. Kegiatan Lingkar Diskusi yang bertemakan mitigasi bencana di Indonesia akan dilaksanakan melalui kerjasama dengan salah satu grup mahasiswa di Eindhoven University of Technology (TUE) yang bergerak di bidang pengembangan teknologi bagi kemanusiaan. Sementara itu, kegiatan “Made in Indonesia” merupakan kegiatan budaya Indonesia yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan November 2018, berbarengan dengan kegiatan tahunan di kota Eindhoven, GLOW Eindhoven.

Ada satu program kerja yang ditargetkan menjadi kerjasama antara PPIB dengan PPIE, yakni kegiatan lingkar inspirasi dengan tema teknologi dan bidang keilmuan lainnya. PPIE menyatakan siap menjadi tuan rumah salah satu kegiatan lingkar inspirasi dan siap mendukung apabila ada ahli teknologi (baik dari Indonesia atau internasional) yang layak dan bersedia menjadi pembicara.

Kegiatan PPIB We Connect bersama PPI Tilburg dan PPIE hari itu sama-sama diakhiri dengan penyampaian harapan dari kedua belah pihak untuk bisa saling bekerjasama selama satu periode kepengurusan ke depan.  Terima kasih banyak kepada rekan-rekan pengurus PPI Tilburg dan PPIE untuk diskusi yang sangat seru dan menyenangkan. Salam perhimpunan!

 

Narasi: Rivandi Pranandita Putra

Foto: Yudha Rizky Nuari

Related posts

Leave a Comment