PPI Belanda bersama Pengurus PPI Kota Den Haag

Pada hari Sabtu, 10 Maret 2018, Divisi Sahabat Kota PPI Belanda (PPIB)  mengunjungi rekan-rekan PPI Kota Den Haag untuk mengadakan kegiatan PPI We Connect. Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 10:30 hingga 13:00 CET tersebut berlokasi di Bookstor Café Noordeinde, Den Haag, Belanda. Dalam kegiatan tersebut, rekan-rekan dari PPIB dan PPI Kota Den Haag saling berbagi program kerja masing-masing untuk satu tahun ke depan. Dari pihak PPIB, beberapa pengurus yang hadir antara lain Andrea, Yudha, Hanif, dan Stella. Sementara itu, beberapa rekan pengurus PPI Kota Den Haag yang hadir antara lain Riri (Presidium), Putri (Presidium), Lia (Divisi Internal), Dila (Divisi Internal), dan Dipa.

Beberapa program kerja PPI Kota Den Haag yang bertema colaversity (collaboration and diversity) disampaikan dalam kegiatan tersebut. Program kerja PPI Kota Den Haag antara lain workshop penulisan tesis bersama mahasiswa S3, peringatan KAA (berupa diskusi singkat), Indonesian Week (bekerjasama dengan PPI Den Haag dan ISS), perayaan 17 Agustus, dan “film screening, trips, personalized birthday celebration”. Sementara itu, beberapa program kerja PPIB antara lain Ariba (Arisan Bersama), pengabdian masyarakat (Zakat, PPIB We Care), pengumpulan database, Student Life Ambassador, Hoi Allemaal (Tanya Jurusan), serta pembuatan majalah Jong Indonesia, kalender kegiatan, survival book, dan Champion van Holland. PPIB juga memiliki program kerja yang melibatkan pihak eksternal (Nuffic Neso), yaitu PPI Goes Back Home yang merupakan semacam kegiatan perkenalan tentang kuliah di Belanda di kampus-kampus Indonesia.

 

PPI We Connect antara Pengurus PPIB dan PPI Den Haag

 

Setelah mengunjungi PPI Kota Den Haag, Divisi Sahabat Kota PPI Belanda (PPIB) melanjutkan agenda PPI We Connect hari itu dengan mengunjungi rekan-rekan PPI Den Haag. Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 14:00 hingga 16:30 CET tersebut bertempat di The Student Hotel, Den Haag, Belanda. Dalam kegiatan tersebut, rekan-rekan dari PPIB dan PPI Den Haag saling berbagi program kerja masing-masing untuk satu tahun ke depan. Dari pihak PPIB, beberapa pengurus yang hadir antara lain Andrea, Yudha, Hanif, dan Stella. Sementara itu, beberapa rekan pengurus PPI Den Haag yang hadir antara lain Natasia (Ketua), Aga (Wakil Ketua), Dione (Presidium), Natasya (Sekretaris), Nindya (Bendahara), Febby (Divisi Dana Usaha), Katya (Divisi Publikasi), dan Gregory (Divisi Bakat & Internal).

Dalam kegiatan tersebut, rekan-rekan dari PPI Den Haag menyampaikan program kerja mereka selama satu periode ke depan. Ada beberapa program besar PPI Den Haag yang akan dilaksanakan, yaitu workshop batik, workshop memasak, League of Den Haag, Indonesian Week, kursus informal bahasa Belanda, serta Fokustik.

Ada beberapa program kerja yang merupakan kerjasama antara PPIB dengan PPI Kota Den Haag dan PPI Den Haag, salah satunya adalah kegiatan lingkar inspirasi dengan tema “Indonesians as Global Players”. Kegiatan ini berupa seminar yang akan dilaksanakan selama satu hari. Selain itu, ada pula kerjasama kegiatan lain, seperti workshop batik ala Belanda, INSERT CEPA (workshop penulisan ilmiah & pembuatan poster), serta pembuatan survival book (booklet untuk mahasiswa baru). PPIB dan PPI Kota Den Haag/PPI Den Haag juga berencana akan mengadakan kegiatan “Resto-Run”, yaitu kegiatan icip-icip makanan Indonesia untuk seluruh mahasiswa Indonesia di Belanda. Kegiatan “Resto-Run” tersebut rencananya akan berjalan melalui kerjasama dengan beberapa restoran Indonesia yang ada di Den Haag.

Kegiatan PPI We Connect bersama PPI Kota Den Haag dan PPI Den Haag pun sama-sama diakhiri dengan penyampaian harapan dari kedua belah pihak untuk bisa saling bekerjasama selama satu periode kepengurusan ke depan.  Akhir kata, terima kasih banyak kepada rekan-rekan pengurus PPI Kota Den Haag untuk diskusi yang sangat seru dan menyenangkan. Salam perhimpunan!

 

Narasi: Rivandi Pranandita Putra

Foto: Juventia Dimitri Stella

Related posts

Leave a Comment