Pernyataan Sikap PPI Belanda Terkait Tata Kelola Organisasi PPI Dunia

PERNYATAAN SIKAP

No: 059/P/e/PPIBelanda/Sekretaris/VIII/2017

Amsterdam, 2 Agustus 2017

Salam Perhimpunan,
Bersama surat ini, kami Dewan Presidium Perhimpunan Pelajar Indonesia di Belanda (PPI Belanda) menyampaikan sikap terkait tata kelola organisasi PPI Dunia dan pelaksanaan Simposium Internasional (SI) yang dipimpin oleh Koordinator PPI Dunia periode 2016/2017 pada tanggal 25-26 Juli 2017. Hal ini kami sampaikan sebagai bentuk keprihatinan mendalam kami sebagai salah satu pendiri PPI Dunia terhadap arah gerak organisasi yang seharusnya kita banggakan ini.

Secara garis besar, PPI Belanda sangat kecewa dengan tata kelola organisasi dan pelaksanaan SI 2017. Adapun beberapa hal yang mendasari sikap kami antara lain:

1. Kami menilai pelaksanaan SI yang seharusnya menjadi forum tertinggi organisasi telah dilaksanakan secara tidak profesional. Hal tersebut tampak sejak awal pelaksanaan SI, antara lain:

a. Tidak ada verifikasi penunjukan delegasi yang mewakili PPI Negara di awal pelaksanaan SI.
b. Hingga pelaksanaan sidang, alat-alat kelengkapan sidang belum tersedia karena minimnya koordinasi oleh PPI Dunia.
c. Terlalu mudahnya PPI Dunia untuk mengubah dan tidak mentaati kesepakatan yang telah ditetapkan di dalam Rapat Internasional pada tanggal 9 juli 2017 terkait mekanisme pemilihan Koordinator Dewan Presidium PPI Dunia 2017/2018.

2. Alih-alih menyadari kekurangan-kekurangan tersebut, Dewan Presidium PPI Dunia 2016/2017 yang merupakan pelaksana SI tidak melakukan evaluasi dan cenderung memaksakan pelaksanaan SI dengan aturan main yang tidak sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga (ART) yang menjadi
kesepakatan bersama. Salah satunya, pada Pasal 8 tentang Koordinator Dewan Presidium PPI Dunia. Berdasarkan pasal tersebut, kita sepakat bahwa Koordinator PPI Dunia bukanlah atas nama perseorangan, tetapi merupakan perwakilan dari PPI negara. Para calon tambahan yang maju dalam pemilihan Koordinator Dewan Presidium PPI Dunia 2017/2018 tidak pernah diminta untuk menyampaikan surat penunjukan atau rekomendasi dari PPI Negara mereka.

3. Karena pelaksanaan pemilihan Koordinator Dewan Presidium PPI Dunia 2017/2018 memiliki banyak sekali kejanggalan dan pelanggaran terhadap ART serta kesepakatan Rapat Internasional, maka PPI Belanda, PPI Jerman dan PPI United Kingdom melakukan walk out, yang seharusnya berpengaruh pada tidak kuorumnya pengambilan keputusan. Alih-alih menunda pelaksanaan pemilihan, Presidium sidang menunjukkan ketidakprofesionalannya dengan memaksakan pelaksanaan pemilihan, dan menganggap aksi walk out kami sebagai abstain. Kami tegaskan di dalam surat ini bahwa kami melakukan walk out bukan abstain.

4. Berdasarkan beberapa hal di atas, kami menilai SI PPI Dunia 2017 telah dilakukan tanpa memenuhi kuorum dan tidak sesuai dengan AD/ART PPI Dunia, sehingga PPI Belanda tidak menyetujui/mengakui segala keputusan yang dihasilkan SI.

5. Selain itu, kami juga beranggapan bahwa dana yang dikeluarkan dalam pelaksanaan simposium-simposium PPI Dunia setiap tahunnya tidak sebanding dengan output yang dihasilkan dari simposium-simposium tersebut. Contoh nyata adalah, perumusan rencana aksi yang dilakukan hanya dalam waktu kurang dari 30 menit pada saat Sidang Internasional 2017.

Dilatarbelakangi beberapa hal tersebut di atas dan juga keinginan PPI Belanda untuk selalu menjunjung tinggi marwah organisasi pergerakan pelajar Indonesia, maka dengan sangat menyesal kami PPI Belanda, menyatakan:

Menarik diri dari keanggotaan dan dukungan kepada PPI Dunia, hingga kami yakin bahwa PPI Dunia memiliki niat yang sangat kuat dan aksi nyata untuk berkomitmen menjalankan AD/ART yang kita sepakati bersama sebagai landasan berorganisasi.

Demikian pernyataan sikap kami. Semoga kedepannya semangat para pelajar Indonesia untuk berkontribusi nyata bagi bangsa dan negara dapat terus diperkuat demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Hormat kami,

Sekretaris Jenderal PPI Belanda
Muhammad Fariz Isnaini

Dokumen Resmi Pernyataan Sikap PPI Belanda bisa didownload disini

059_P_e_PPIBelanda_Sekretaris_VIII_2017

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: