Den Haag – PPI Belanda telah membentuk dan mengukuhkan kepanitiaan untuk landmark program PPI Belanda 2012-2013 yaitu International Conference on Indonesia Development (IC ID). IC ID direncanakan akan diadakan pada 19-21 September 2013 bertempat di Institute of Social Studies, Den Haag. IC ID adalah sebuah konferensi ilmiah internasional yang akan mengangkat tema ‘innovation-driven economy/knowledge-based economy’, diskusi dari sisi makro dan mikro akan dibahas di program ini.

Beberapa nama yang direncanakan untuk di undang sebagai pembicara di konferensi ini lain adalah Hatta Rajasa (Menko Perekonomian), Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan) atau Mahendra Siregar (Wakil Menteri Keuangan) untuk mewakili pemerintah; Dr.Warsito Purwo Taruno untuk mewakili Techno-preneur; Firmanzah,Ph.D (Staf Khusus Presiden/Fakultas Ekonomi UI), Dr.Yanuar Nugroho (University of Manchester), atau Zulkieflimansyah, Ph.D (Fakultas Ekonomi UI). Serta Prof. BJ Habibie direncanakan untuk diundang dan mengisi sesi ‘Inspirational Gala Dinner’ di pembukaan konferensi.

rihan_copy-222x250
Rihan Handaulah
Selain itu beberapa nama dari Belanda juga direncanakan akan di undang, diantaranya Prof.Ben White (Professor di Institute of Social Studies), Prof. Leo de Haan (Rector Institute of Social Studies), Dr. Servaas Storm (Dept Economics of Innovation TU Delft), dan Dr. R.P.J.H (Roel) Rutten (School of Social and Behavior Science Tilburg University). Mereka adalah pakar ekonomi, inovasi dan kebijakan publik yang juga memiliki minat tentang Indonesia.

PPI Belanda memberikan tanggung jawab kepada Muhammad Rihan Handaulah (Master Student TU Delft) sebagai Chairman, Tezar Saputra (Ph.D Candidate Vrije Universiteit Amsterdam) sebagai Conference Director, Muhammad Kukuh Dewantara (Bachelor Student Leiden University) sebagai Conference Organizer, dan Dr.Dessy Irawati-Rutten (Sondervick College) sebagai Chief of Editor Scientific Committee. Adapun Ibu Duta Besar Retno L.P Marsudi dan SekJend PPI Belanda Ridwansyah Yusuf Achmad akan menjadi Advisorsekaligus Steering Committee dari IC ID 2013.

Dalam waktu dekat, open recruitment kepanitiaan akan dibentuk bersama juga dengan launching website dancall for paper. IC ID 2013 menargetkan 36 scientific paper serta 24 scientific poster terkait dengan tema yang diangkat. IC ID 2013 mengundang pelajar di seluruh dunia yang memiliki minat dalam tema ini untuk mengirimkan gagasannya dan berdiskusi bersama di Den Haag pada September 2013.

Translate »
%d bloggers like this: