Pelaksanaan Ambassador Cup 2017

Pelaksanaan Ambassador Cup 2017

Pada Sabtu, 21 Oktober 2017, PPI Wageningen telah sukses menyelenggarkan salah satu event terbesarnya, yaitu Ambassador Cup 2017. Bekerjasama dengan KBRI Den Haag, acara tahunan ini merupakan ajang kompetisi olahraga terbesar antar pelajar dan diaspora Indonesia di negeri kincir angin. Acara yang memiliki slogan “Come and Play with Us” ini digelar di Sport Hal de Vlinder, Wageningen, Belanda.

Acara Ambassador Cup 2017 ini diketuai oleh Ikrom Mustofa, dengan jumlah panitia sebanyak 40 orang. Adapun penanggung jawab acara ini adalah M. Gumilang Pramuwidyatama selaku ketua PPI Wageningen dan Nur Alim Bahmid selaku Kepala Departemen Olahraga PPI Wageningen. Menurut Ikrom, kompetisi ini diikuti oleh 360 atlet dari 14 kontingen yang berasal dari berbagai PPI Kota dan organisasi Indonesia di Belanda. Lebih lanjut lagi, Ikrom memaparkan beberapa tujuan kegiatan ini, yaitu untuk mempererat tali silaturahmi antar warga negara Indonesia di Belanda, meningkatkan kualitas hidup warga negara Indonesia di Belanda melalui olahraga, serta menanamkan nilai sportivitas dan team-work bagi warga negara Indonesia di Belanda.

Acara ini dimulai sekitar pukul 11 siang dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pidato pembukaan dari ketua panitia, Ikrom Mustofa,  dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja. Dalam pidatonya, beliau mengingatkan pentingnya menunjung tinggi sportivitas. Setelah  itu, acara dilanjutkan dengan persembahan tari tor-tor dari Sentari PPI Wageningen. Kemudian, sebelum pertandingan dimulai, dilakukan pembukaan acara secara simbolis oleh Dubes, melalui passing bola voli.

Kegiatan pertandingan dilakukan secara paralel untuk semua cabang olahraga. Terdapat empat cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Ambassador Cup 2017 ini, antara lain futsal, voli, bulu tangkis, dan tenis meja. Tidak hanya kegiatan turnamen olahraga saja, acara ini cukup meriah dengan kedatangan para suporter untuk memberikan dukungan kepada kontingennya masing-masing. Selain itu, terdapat pula stand-stand makanan yang menjual kuliner khas Indonesia.

Dari beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan, diperoleh hasil juara umum dan pemenang untuk setiap cabang olahraga. Juara umum Ambassador Cup 2017 ini berhasil jatuh kepada PPI Wageningen. Untuk cabang olahraga futsal, juara 1 diraih oleh PPI Groningen dan juara 2 oleh PPI Eindhoven. Untuk cabang olahraga voli, juara 1 berhasil direbut kontingen KBRI Nusantara dan juara 2 oleh PPI Eindhoven. Sementara itu pada cabang olahraga bulutangkis tunggal putra, juara 1 dan 2 masing-masing dimenangkan oleh AIA Amsterdam dan PPI Utrecht; juara 1 dan 2 tunggal putri masing-masing oleh PPI Wageningen dan AIA Amsterdam; serta ganda masing-masing oleh PPI Enschede dan PPI Leiden. Untuk cabang olahraga tenis meja tunggal, juara 1 dan 2 masing-masing dijuarai oleh PPI Eindhoven dan AIA Amsterdam; serta juara 1 dan 2 ganda masing-masing diraih PPI Wageningen dan KBRI Nusantara.

Sebagai penutup acara, dilakukan penyerahan hadiah yang diberikan secara bergiliran oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag, Bambang Hari Wibisono, Ketua PPI Wageningen dan Ketua Panitia. Hari mengungkapkan bahwa acara ini merupakan Ambassador Cup ke-5 yang dihadiri oleh beliau dan sekaligus yang terakhir kalinya karena beliau akan mengakhiri masa tugas di Belanda. Beliau berharap supaya Ambassador Cup di tahun-tahun berikutnya dapat terlaksana lebih baik lagi, dengan jumlah cabang olahraga yang lebih banyak sehingga lebih meriah lagi.

Secara terpisah, M. Gumilang Pramuwidyatama selaku Ketua PPI Wageningen, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia Ambassador Cup 2017 dan KBRI Den Haag yang telah menyelenggarakan acara ini dengan meriah. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih untuk seluruh kontingen yang telah bermain dengan fairplay dan seluruh supporter yang memeriahkan acara ini. Selaku Ketua Panitia, Ikrom juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Ambassador Cup di tahun 2017 ini, dan berharap agar kegiatan ini dapat terselenggara di tahun-tahun selanjutnya.

JUARA UMUM AMBASSADOR CUP 2017: PPI WAGENINGEN

Liputan Kegiatan         : https://www.youtube.com/watch?v=SNWn6YTuHds

 

Narasi                          : Rivandi Pranandita Putra

Narasumber                : Ikrom Mustofa

Dokumentasi foto       : Divisi Dokumentasi, Panitia Ambassador Cup

Editor                          : Aprianavina

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: