Amsterdam – Sebuah aksi simpatik yang di inisiasi oleh Nederlans Palestina Komitee diadakan pada Sabtu, 17 November 2012. Aksi simpati yang bertujuan sebagai bentuk solidaritas kepada rakyat Palestina yang tengah digempur oleh Israel. Dalam aksi ini ratusan peserta hadir dari berbagai negara dan kalangan.
Koordinator aksi tersebut mengatakan bahwa tujuan dari aksi ini adalah menyuarakan opini dan membangun kesadaran masyarakat dunia. Dalam aksi ini PPI Belanda yang diwakili oleh Rihan Handaulah, Sri Wulani Rizky Elida, dan Ridwansyah Yusuf berpartisipasi dan juga menyerukan seruan dukungan kepada rakyat Palestina dan kecaman keras kepada Israel.

Vriej Vriej Palestina ! 
Stop israelche apartheid , vrijheid voor palestina !
Stop de aanval op gaza ! Palestina vriej !
Boycot Israel !

Yel-yel inilah yang dipekikan oleh ratusan peserta aksi yang berlangsung damai dan tertib. Aksi solidaritas ini dilangsungkan serentak di berbagai negara di dunia, antara lain Victoria- Canada, Santiago-Chile, Dublin-Ireland, Athena-Yunani, Vienna-Austria, Milan-Italia, Barcelona-Spanyol, London-Inggris, Seoul-Korea Selatan, dan juga di beberapa kota di Indonesia.

Kehadiran PPI Belanda dalam aksi ini merupakan bagian dari dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina. Palestina merupakan salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia bahkan dari sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Dan Palestina merupakan negara yang menyerukan negara-negara dunia untuk mendukung dan mengakui kemerdekaan Indonesia setelah kemerdekaan.

Dan bukankah penjajahan diatas dunia harus dihapuskan ? (Mandat Pembukaan UUD 1945)

Translate »
%d bloggers like this: