Lingkar Inspirasi: Merajut Keindonesiaan dan Peran Ilmuwan Sosial

Pada hari Sabtu, 18 November 2017, KBRI Den Haag bekerjasama dengan PPI Belanda dan PPI Utrecht menyelenggarakan kegiatan lingkar inspirasi dengan tema “Merajut Keindonesiaan dan Peran Ilmuwan Sosial”. Kegiatan yang berlokasi di Ruang Boothzaal, Utrecht University Library ini dimulai sekitar pukul 7 malam hingga pukul 10 malam waktu setempat, tepat setelah acara Sidang Presidium PPI Belanda kepengurusan 2017/2018 selesai dilaksanakan. Acara ini dihadiri oleh para pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di berbagai kota di Belanda.

Acara ini dibuka dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Bapak I Gusti Agung Wesaka Puja. Dalam pemaparannya, Bapak Dubes mengatakan bahwa segala perbedaan dalam masyarakat Indonesia adalah suatu hal yang patut disyukuri dan dapat menjadi kekuatan bangsa, bukan sebaliknya. Selain itu, beliau mengatakan bahwa para pelajar Indonesia di Belanda seharusnya menghargai adanya perbedaan tersebut. Hal ini karena para pelajar tersebut berkesempatan melihat dan mengalami sendiri perbedaan-perbedaan budaya di Belanda, serta belajar bagaimana negara ini bisa menjadi negara maju.

Acara utama diisi dengan presentasi dan dialog dengan beberapa narasumber, yaitu Dr. Nurmala Kartini Sjahrir (Asosiasi Antropologi Indonesia), Dr. Atmadji Sumarkidjo, Damianus Taufan, Ahmad Karim (kandidat PhD, University of Amsterdam), dan Aminudin TH Siregar (kandidat PhD, Leiden University). Meskipun masing-masing narasumber memberikan pendapatnya masing-masing terkait isu ini, namun secara umum arah pembicaraan saling berkaitan satu sama lain, yaitu pentingnya kebhinekaan dan peran ilmuwan sosial untuk mewujudkan kesatuan Indonesia. Setelah kegiatan dialog selesai, acara ini ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan untuk semua narasumber yang telah membagikan ilmu dan pengalamannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: