KLIK! Festival Media PPI Belanda berlangsung Meriah dan Ceria

PPI Belanda – Tilburg bersama Nuffic Neso Indonesia sukses menyelenggarakan kompetisi dan festival media KLIK!. Kegiatan berlangsung seru, meriah, dan penuh keceriaan sejak acara dimulai sejak pukul 12.30. KLIK! 2013 merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh PPI Belanda, dan tahun ini PPI Tilburg mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah dengan Gedung Studentenkerk Maranatha dipilih sebagai lokasi acara.

KLIK! didukung oleh berbagai sponsor antara lain Nuffic Neso Indonesia, KBRI Den Haag, Garuda Indonesia, Tilburg Universiteit, Deni’s Kitchen, dan Novostips. Selain itu mitra media KLIK! adalah Radio Republik Indonesia dan Radio PPI Dunia.

klik_banner
Pada perhelatan KLIK!, tiga jenis kompetisi diperlombakan; foto, video, dan katalog kota dengan tema besar ‘Pesan untuk Indonesia’. Ketua PPI Tilburg, Jonathan Proklamanto dalam sebuah kesempatan mengatakan,

‘Kita berharap dari KLIK!, bisa menyambungkan pesan positif dari pelajar Indonesia di Belanda untuk negeri kita tercinta. Media saat ini adalah sesuatu yang menarik untuk anak muda dalam mengekspresikan diri’

Dan memang benar adanya, sebanyak 71 foto, 7 video, dan 9 katalog kota dikirimkan ke panitia KLIK!. Para juri pun sempat mengalami deadlock dalam memutuskan pemenang karena ketatnya kualitas karya-karya yang berpartisipasi. Tim Juri untuk KLIK! 2013 terdiri dari berbagai kalangan baik itu media (Eddi Santosa-Detik.com; Akhirta Atikana-Jong Indonesia), professional (Adi Panuntun-Sembilan Matahari, JunitoDrias [www.junitodrias.com], InneRachma [www.picturesqueadvert.com], WilliamSetiawan [www.williamsetiawan.com]), serta Mervin Bakker-Direktur Nuffic Neso Indonesia.

KLIK! dimulai dengan workshop fashion photography dan video. Workshop fashion photography di ikuti oleh sekitar 20an peserta dan dipandu oleh Inne Rachma Hardjanto dan William Setiawan, mereka adalah fotografer ulung Indonesia di Belanda. Workshop video di bimbing oleh Junito Diaz Drias, seorang sineas muda yang telah menghasilkan banyak karya, sebanyak belasan peserta antusias belajar dari sang maestro ini.

Agenda KLIK! berlanjut dengan acara nonton bareng film Habibie&Ainun; sebanyak 50 peserta bergabung di auditorium utama, dan menikmati film yang telah menggugah banyak penonton di Indonesia. Di Eropa, ini merupakan screening Habibie&Ainun kedua yang digelar secara resmi.

Sekitar pukul 17.10, Ibu Retno L.P. Marsudi, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda tiba di lokasi. Beliau menyempatkan diri menyantap Siomay dari Deni’s Kitchen dan berdiskusi santai dengan para pelajar. Sebelum masuk ke auditorium utama, Ibu Retno melihat-lihat hasil karya foto yang dipajang dan menyampaikan apresiasi dan minat beliau untuk memajang karya-karya ini di KBRI Den Haag.

Malam Penganugerahan KLIK! Awards dimulai pukul 17.20 dengan sangat meriah. MC Paulus dan Pudji membuka acara meng-absen PPI Kota di Belanda yang hadir. Gemuruh dan teriak dari pelajar membuat suasana auditorium sangat ramai. Suasana nasionalis dibangun dengan rangkaian pembukaan yang sangat menarik, lagu Indonesia Raya dan Ibu Kita Kartini menjadi bagian dari rangkaian pembukaan.
Ibu Retno Marsudi dalam pembukaan acara mengutip catatan surat dari RA Kartini, beliau menginspirasi para mahasiswi khususnya untuk terus mengejar mimpi, menjadi seorang wanita yang bermartabat dan seorang Ibu yang bijak.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan nominasi dan pemenang setiap kompetisi. KLIK! mengundang perwakilan PPI Kota sebagai pembaca nominasi dan mereka berhasil memeriahkan suasana dengan berbagai humor, canda, dan kata-kata yang menghibur peserta. Adalah Joshua dan Dimitrij (Arnhem), Thomas dan Stanley (Den Haag), Ayu dan Fenissya (Deventer), Audric dan Ayuta (Eindhoven), Benny dan Aska (Enschede), serta Anasthasia dan Indhira (Rotterdam) yang menjadi pembaca nominasi di KLIK!

Mengisi rangkaian pembacaan nominasi terdapat hiburan musik yang disuguhkan dengan sangat cantik. Seorang Umara Maharani membuat peserta terpukau dengan suara indahnya. Dan Gerald and Friends yang berhasil membuat peserta berdiri dan bernyanyi bersama dengan lagu ‘rumah kita’.

Rangkaian malam penganugerahan KLIK! yang dikemas dengan baik, berhasil membuat 2 jam acara menjadi sangat hidup, dan sangat berkesan. Setiap menit yang hadir memberikan kejutan dan kemeriahan tersendiri bagi 200 orang yang hadir di acara ini. Saat pengumuman video terbaik, pemenang tidak disebutkan namanya, melainkan langsung diputarkan filmnya.

PPI Belanda-Tilburg kembali mengucapkan terima kasih kepadakawan-kawan yang telah berpartisipasi dan meraimakan KLIK! 2013 ini, serta terima kasih kepada para sponsor yang telah membuat KLIK! menjadi acara yang ramai dibicarakan dalam sebulan terakhir di antara pelajar Indonesia di Belanda. Sampai jumpa di KLIK! 2014.
(rya/rya)

Pemenang dari kompetisi KLIK! adalah sebagai berikut:
Kompetisi Foto
Juara Pertama Kristovorus Ivan – Fontys Hogescholen Eindhoven dengan judul “Part-time, solusi penambah uang saku di Belanda”

klik
Juara Kedua Handika Prasetya Dwiyasni – University of Twente dengan judul “Bersepeda Yuk!! Sehat, Murah, dan Aman!!”
handika
Juara Ketiga Simson Partogi Situmeang – Fontys University of Applied Sciences dengan judul “Akhirnya Drielandenpunt!”
317410_565425780146073_194770633_n-400x300
Viewers Choice award Simson Partogi Situmeang – Fontys University of Applied Sciences dengan judul “Pesona Keindahan Kanal Giethoorn”
376075_565425526812765_793408626_n-400x300
Kompetisi Film Pendek
Best Short Video & Best Cinematography SANG PENULIS – PPI TILBURG

Viewers Choice Award ESA HILANG DUA TERBILANG – PPI ARNHEM

Kompetisi Katalog Kota:
Best City Catalog: PPI Rotterdam

Best Design Catalog: PPI Tilburg

Viewers Choice Catalog: PPI Den Haag