Detil Acara
Tanggal:
10 September, 2012 – 00:00 – 12 September, 2012 – 00:00
Lokasi:
Hall Forum Building
Universitas Wageningen
Wageningen, Belanda

Sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati dan pemilik hutan hujan tropis terbesar ke 2 di dunia setelah Brasil, Indonesia terkenal dengan flora dan fauna yang membuat Indonesia dijuluki mega-biodiversity yang menunjukkan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Misalnya saja untuk jenis mamalia, Indonesia menempati kedudukan kedua di dunia dengan memiliki 515 species atau 12% dari total jumlah species mamalia di dunia dimana 39% diantara species-species tersebut adalah endemic atau hanya dapat ditemukan di Indonesia. Begitu pula dengan jenis reptile dimana Indonesia menduduki peringkat keempat dunia dengan jumlah 511 species dan 150 species diantaranya endemic Indonesia. Tak beda halnya dengan satwa, keanekaragaman tumbuhan di Indonesia juga menempati 5 besar dunia dengan memiliki lebih dari 38.000 species dan 55% diantaranya endemic Indonesia. Serta data lain menyebutkan bahwa lebih dari 155 jenis kayu bernilai ekonomi tinggi seperti Janis Dipterocarpaceae (meranti-merantian) dimiliki oleh Indonesia.

Sayangnya, kekayaan keanekaragaman hayati yang dimiliki ini belum terekspose secara luas baik di dalam, dan utamanya di luar negeri. Malah, buruknya pengelolaan sumberdaya alam Indonesia (misalnya masalah tingkat kebakaran hutan Indonesia yang menempati urutan keempat dunia) justru lebih menonjol di mata Internasional dibandingkan dengan kekayaan alam yang terkandung di dalam bentangan “surga alam” ini. Kurang terpublikasinya kekayaan alam tersebut membuat banyak peneliti lebih memilih negara-negara lain yang memiliki hutan hujan tropis lainnya seperti Brazil dan beberapa negara tropis lain di benua Afrika. Hal ini berdampak pada jumlah publikasi ilmiah tentang kekayaan alam Indonesia masih sangat minim dibandingkan dengan Brazil dan Negara-negara tropis lainya.

Oleh karena itulah, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Wageningen (PPI-Wageningen) sebagai representasi masyarakat ilmiah Indonesia di Wageningen, Belanda, berencana untuk menyelenggarakan pameran foto dengan tema “Exploring the Paradise of Indonesia”, yang akan dilaksanakan di Wageningen, Belanda pada tanggal 10 – 12 September 2012.

Acara:
Documentary Film
Photo Exhibition
Discussion (grassroots science) *

*10 September 2012, 19:30
“Biodiversity in Indonesia: the palm oil threat”
Debate with Peter van der Meer, Alterra and Green Peace Campaigner

Translate »
%d bloggers like this: