Europalia Arts Festival : Indonesia

whatsapp-image-2016-11-12-at-18-36-15

Den Haag, Pada hari Rabu, 9 November 2016, perwakilan PPI Belanda menghadiri undangan dari KBRI di Den Haag mengenai sosialisasi Europalia. Europalia merupakan festival seni yang diadakan setiap 2 tahun sekali oleh Europalia, sebuah lembaga yang berpusat di Belgia, dengan menjadikan suatu negara tamu sebagai tema pada setiap festival. Pada mulanya, Europalia diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan masyarakat terhadap budaya dari negara Eropa lainnya ketika akses perjalanan antarnegara di benua Eropa masih sulit. Dalam 10 tahun terakhir ini, Europalia mulai menjadikan negara-negara non-Eropa sebagai negara tamu. Tema “Indonesia” telah ditetapkan sebagai tema festival Europalia 2017 yang akan diadakan pada tanggal 10 Oktober 2017 – 21 Januari 2018 di berbagai kota di Belgia dan negara-negara tetangga (Belanda, Prancis, Austria, Portugal, Inggris, dan Jerman).

Mr. Pablo Fernandez sebagai perwakilan dari Europalia, memberikan presentasi mengenai konsep Europalia 2017 yang sudah terbentuk. Beliau menjelaskan beberapa proyek yang sudah direncanakan akan disajikan dalam berbagai bentuk seperti pameran, tarian, teater, musik, sastra, dan konferensi yang diadakan di berbagai penjuru benua Eropa.  Europalia akan bekerja sama dengan kurator seni, pekerja seni, dan berbagai museum dari Indonesia dan pihak Eropa untuk mewujudkan festival yang berkualitas.

Menurut Bambang Hari Wibisono (Pak Hari) selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Belanda, PPI Belanda dapat berkontribusi langsung dalam kegiatan ini dengan turut melakukan publikasi dan sosialisasi mengenai kegiatan Europalia 2017 untuk meramaikan rangkaian event tersebut. Informasi lebih lanjut dari pihak KBRI akan disampaikan kepada PPI Belanda, demikian ungkap Pak Hari. (FA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: