We Connect Diary : PPI Enschede

Diary of PPI We Connect: Kunjungan ke PPI Kota Enschede

Oleh Adisty Faristania, Divisi Sahabat Kota PPI Belanda

280117_we-connect-diary_ppi-enschede

PPI We Connect kali ini berkesempatan mengunjungi Kota Enschede yang terletak di ujung barat Belanda. PPI kota yang memiliki jargon PPI kuda jingkrak sekarang ini diketuai oleh Aji Putra Perdana (PhD Candidate Geo-Information Processing, ITC). Dalam kunjungan kali ini banyak hal yang disampaikan, baik dari pihak PPIE ataupun dari PPI Belanda yang diwakili oleh Fariz, Wegit, dan Adis. Ada dua agenda yang kami bawa dari PPI Belanda untuk didiskusikan dengan pihak PPIE, yaitu koordinasi penjemputan mahasiswa baru dan sosialisasi Ariba (Arisan PPI Belanda) gelombang dua. Di luar dua agenda utama tersebut, pihak PPIE juga punya agenda-agenda, kritik, saran, serta kendala-kendala yang disampaikan. PPIE juga menyampaikan beberapa program kerja yang bertujuan untuk mengeratkan hubungan antar mahasiswa Indonesia dengan mukimin yang ada di Enschede, salah satunya mencoba melibatkan keduanya dalam dua program kerja andalan PPIE, yaitu Indonesian Food Festival (food bazaar) dan Indonesian Evening (cultural exhibition).

Selain berdiskusi, Fariz juga membuka sesi sharing, baik dari PPIE maupun PPI Belanda untuk saling bertukar cerita mengenai pengalaman maisng-masing, baik dalam hal studi maupun organisasi. Banyak sekali masukan yang disampaikan oleh PPIE, salah satunya adalah adanya keinginan PPIE untuk lebih berkontribusi dalam setiap acara yang diadakan oleh PPI Belanda dan ada juga tawaran untuk berkolaborasi dalam bidang kajian karena PPIE memiliki komunitas kajian, yaitu Lindie yang mengharapkan mampu bekerja sama dengan Lingkar Inspirasi PPI Belanda.

Banyak hal positif yang didapat pada kunjungan kali ini. Keramahan dan suasana nyaman yang ditawarkan selama masa diskusi membuat waktu terasa berjalan begitu cepat. Jarak bukanlah hal yang harus dikhawatirkan untuk tetap menjadi bagian dari PPI Belanda. Dan semoga ini bisa menjadi awal yang baik untuk hubungan ke depan antara PPI Belanda dan PPI Enschede.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »
%d bloggers like this: