Akhirnya Ariba pertama tahun 2012 dilangsungkan juga. Ariba atau Arisan Bersama kali ini diadakan di kota Rotterdam pada 28 januari 2012. Seperti Ariba-ariba sebelumnya, Ariba Rotterdam dimulai dengan City Tour. Perserta berkumpul di Rotterdam Centraal Station pukul 10 pagi dan memulai perjalanan pukul 11. City tour kali ini nggak kalah menarik dengan yang sebelumnya. Karena Rotterdam merupakan kota besar, jalur yang dilalui peserta cukup jauh tapi nggak bikin peserta lelah karena banyak tempat menarik yang dikunjungi. Mulai dari Rotterdam centrum, Erasmus Bridge, hingga Cubical House semua dilewati peserta dengan diselingi games-games yang seru.

Sekitar jam 2 siang, peserta Ariba berkumpul di Erasmus University dan acara indoor pun dimulai. Setelah makan siang dan bermain sedikit games, diskusi tentang bekerja di Belanda dimulai dengan presentasi dari Monica dan Aryo, yang sekarang sudah bekerja di Belanda. Mereka banyak memberi tips-tips menarik tentang bagaimana mendapat pekerjaan di Belanda. Tidak hanya Monica dan Aryo, namun para peserta yang pernah atau telah bekerja di Belanda juga ikut memberi tips-tips bagi peserta yang lain. Tips yang diberikan adalah tips interview, waktu yang tepat untuk mencari kerja, dimana mencarinya, serta tips-tips lain yang sangat berguna.

Yang berbeda dari Ariba kali ini adalah Ariba kali ini diadakan khusus di kota Rotterdam, kota dimana Bung Hatta–wakil presiden pertama Indonesia–menjalani pendidikannya. Bahkan Erasmus University sendiri punya bagian tersendiri untuk buku-buku Bung Hatta di perpustakaannya. Panitia juga menyuguhi peserta dengan slideshow foto-foto Bung Hatta saat di Belanda serta beberapa video footage arsip yang berisi Bung Hatta.

Ariba selesai pukul 5 sore dan peserta Ariba tentunya pulang dengan hati senang.

Translate »
%d bloggers like this: