Temu Eropa (TE) adalah ajang kompetisi olahraga, seni dan film pendek yang menjadi trade mark PPI Belanda. Pada tahun 2011, TE diadakan di kota Eindhoven. Di tahun 2012 ini, PPI Belanda bekerjasama dengan KBRI Den Haag, kembali menyelenggarakan nya di Rotterdam, pada tanggal 5-6 Mei 2012 yang lalu.

Peserta di Temu Eropa tahun 2012 lalu berasal dari negara Perancis, Portugal, Jerman, Belgia, Swedia, Italia, dan juga tuan rumah Belanda. Mernurut ketua panitia TE 2012, Rudy Lim, tidak ada perbedaan antara Temu Eropa 2012 dengan Temu Eropa tahun sebelumnya. Tahun ini, kompetisi film pendek “juga tetap diadakan di TE 2012, dengan tema “kecintaan terhadap Indonesia”. Selain itu kompetisi olahraga semacam futsal, basket, capsa, dan tenis meja juga masiha da di TE 2012. Kompetisi seni akustik tentu saja menambah kemeriahan di ajang silaturahmi para pelajar Indonesia se Eropa tersebut.

Temu Eropa tahun 2012 mengusung tema “Memperingati 90 Tahun Dibentuknya PPI Belanda Dengan Membangun Semangat Kebersamaan Para Pelajar Indonesia di Eropa Dalam Bidang Olahraga dan Seni.” Tema tersebut sebagai ajakan bagi para pelajar Indonesia yang tersebar di seluruh Eropa untuk menjalin silaturahmi dan membangun networking.

Kegiatan TE 2012 di Rotterdam secara resmi dibuka oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, Retno LP Marsudi. Dalam pembukaan nya, Ibu Retno Marsudi menyatakan bahwa setiap warga negara Indonesia selayaknya memiliki keinginan untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik. Dan menurut Bu Retno, generasi muda yang memiliki kesempatan mengeyam pendidikan tinggi di Eropa dapat memberikan kontribusi yang lebih untuk pembangunan Indonesia. Hal tersebut diamini oleh Sekretaris Jendral PPI Belanda, Reonaldus. Bu Retno juga mengaku bangga dengan para mahasiswa Indonesia di Eropa, terutama dengan PPI Belanda. Bu Retno berharap ilmu yang diperoleh para mahasiswa yang memiliki kesempatan belajar di luar negeri kelak dapat menjadi sumbangsih yang bermanfaat bagi Indonesia.

Sekjend PPI Belanda Reonaldus menambahkan bahwa kegiatan Temu Eropa 2012 merupakan rangkaian kegiatan peringatan 90 tahun perubahan nama organisasi pelajar Indonesia di Belanda, dari Perhimpunan Hindia Belanda menjadi Perhimpunan Indonesia. Perubahan nama tersebut terjadi pada tahun 1922, dimana Mohammad Hatta saat itu menjadi ketua organisasi pelajar Indonesia di Belanda.

Berlangsung selama dua hari di Feyenoord stadion, Rotterdam, Temu Eropa 2012 berlangsung dengan meriah. Tim tuan rumah, Belanda, berhasil membawa piala kemenangan dari tiga cabang olahraga futsal, basket putra dan basket putri. Sementara di cabang olahraga tenis meja, single dan double, disapu bersih oleh tim dari KBRI Den Haag. Di kompetisi akustik, tim Hujan dari Duisburg, Jerman berhasil menjadi juara mengalahkan tim S.E.K.S dari Belanda. Aryani dari Italia unggul di cabang Capsa, disusul oleh Satria dan Theo dari Belanda. Sementara itu, film “Kita Disana” karya tim Groningen, Belanda berhasil meraih kemenangan di semua kategori untuk kompetisi film pendek. Pemain terbaik dari kompetisi futsal adalah Reza dari tim Perancis, sementara the most valuable player (MVP) dari cabang basket putra adalah Max dari tim Belanda 2 dan dari cabang basket putri adalah Petra dari tim Belanda. The Braunnover dari Hannover berhasil menjadi juara favorit untuk kompetisi akustik. Seluruh hasil kompetisi TE 2012 dapat dilihat di website resmi temu eropa (www.temueropa.ppibelanda.org).

Akhir nya, pada tanggal 6 Mei 2012, Temu Eropa 2012 ditutup oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag, bapak Ramon Mohandas, Ph.D. Pak Ramon mengatakan bahwa tujuan Temu Eropa 2012 untuk menjalin silaturahmi antar para pelajar Indonesia di Eropa telah berhasil dan Pak Ramon juga mengucapkan selamat kepada PPI Belanda atas kesuksesan TE 2012.
Beberapa link berita yang terkait dengan Temu Eropa 2012:
  1. http://temueropa.ppibelanda.org
  2. http://www.id.indonesia.nl/content/view/2010/183/
  3. http://www.id.indonesia.nl/content/view/2009/183/
  4. http://www.antaranews.com/berita/308999/mahasiswa-indonesia-di-eropa-ngumpul-di-belanda
  5. http://www.imtelkom.ac.id/id/component/content/article/4574-4meiteg2.html
  6. http://www.pikiran-rakyat.com/node/187135
  7. http://luar-negeri.kompasiana.com/2012/05/06/menjalin-persaudaraan-melalui-temu-eropa-2012/
Galeri Foto:
  1. http://ppibelanda.org/galeri/temu-eropa-2012
  2. https://www.dropbox.com/sh/sfyqp8hbtmddp2f/L7QrnbGXNx#/
Translate »
%d bloggers like this: